Beda Jalan Indra dan Sheila Nasution Kakak Beradik Barengan Menembus Akmil

Senin, 01 November 2021 - 13:13 WIB
Letda Inf M Indra Nasution dan Letda Chb (K) Sheila Nasution, kakak beradik yang barengan masuk Akmil. FOTO/TANGKAPAN LAYAR INSTAGRAM @tni_angkatan_darat
JAKARTA - Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Pepatah ini nyata benarnya bagi Letda Inf M Indra Nasution. Setelah empat kali gagal, dia akhirnya berhasil masuk Akademi Militer (Akmil) bersama adik kandungnya, Letda Chb (K) Sheila Nasution.

Perjuangan Indra Nasution untuk masuk Akmil cukup panjang. Sebagai putra prajurit Kopassus, masuk Akademi Militer adalah impiannya sejak belia. Karena itu selepas SMA, Indra langsung mendaftar ke sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat dan sekolah Perwira Prajurit Karir tersebut.

"Pertamanya itu, saya lulus SMA itu tahun 2013, saya daftar Akademi Militer, tapi umur saya tidak cukup. Tahun 2014 saya coba Akademi Militer tapi gagal. Tahun 2015 juga begitu, gagal. Terus masuk 2016, saya gagal lagi di tingkat pusat. Nah baru 2017 masuk," kata Letda Inf M Indra Nasution dikutip dari tayangan video di Instagram resmi TNI AD, @tni_angkatan_darat, Senin (1/11/2021).



Baca juga: Kisah Indra dan Sheila Nasution Kakak Beradik Barengan Masuk Akmil



Pada 2017 itu, adiknya Sheila Nasution juga lulus SMA. Sheila yang telah mempersiapkan diri kuliah di universitas secara kebetulan diajak temannya untuk mengambil blanko pendaftaran masuk Akmil di Gelora Bung Karno.

Saat di lokasi, Sheila melihat 1 lembar formulir pendaftaran tes penerimaan catar (calon taruna) Akmil di meja. Dia lalu mengambilnya dan memfotonya. "Saya kirim ke ibu lewat WA. Mah isi nggak? buat jaga-jaga, (ibu menjawab) ya udah isi aja. Saya isi nilai saya dari semester 1 sampai semester 5," kata Sheila dalam video yang sama.

Meski awalnya hanya coba-coba, Sheila sempat bimbang juga karena tidak ada pengumuman setelah tiga minggu berlalu. Namun kabar gembira itu akhirnya datang. Sheila mendapat panggilan melalui audio visual untuk menjalani karantina di Rindam Jaya. Setelah menjalani karantina selama sepekan, Sheila dinyatakan lolos untuk menjalani tes tingkat pusat bersama kakaknya, Indra Nasution.

Keberhasilan Sheila menembus tes tingkat pusat itu tak pernah dibayangkan oleh Indra. Ia berkaca pada pengalaman dirinya yang gagal hingga empat kali dan baru lolos untuk kelima kalinya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More