Sandiaga Ungkap Sejumlah Kriteria Pemimpin yang Baik

Sabtu, 11 September 2021 - 21:10 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sejumlah tips untuk menjadi pemimpin yang baik. Foto/Ist
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan sejumlah tips untuk menjadi pemimpin yang baik.

Baca Juga: Sandiaga
Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Film, Animasi dan Video di Cimahi

Di hadapan civitas akademica Sekolah Bakti Mulya 400, Sandiaga mengatakan, kriteria menjadi pemimpin yang baik terletak pada kata LEAD yang diartikan sesuai hurufnya menjadi kata loyalty, educated, advice dan discipline.

"Pemimpin yaitu harus mampu menjadi pribadi yang penuh kesetiaan (loyalty). Pemimpin juga harus memiliki pendidikan yang baik (educated). Selain itu pemimpin harus bisa memberikan saran dan solusi (advice). Untuk itu semua, pemimpin harus menjadi pribadi yang disiplin (discipline)," terang Sandiaga dalam keterangan resminya, Sabtu (11/9/2021).



Dalam persektif Islam, Sandiaga juga memberikan tips bahwa pemimpin juga harus memiliki sifat FAST yang berarti fathanah, amanah, shiddiq dan tabligh.

Pemimpin fathanah artinya cerdas dan terus belajar. Pemimpin bersifat amanah artinya dapat dipercaya. Sementara shiddiq artinya, memegang kebenaran. Sedangkan tabligh mampu mengkomunikasikan pesan dengan baik.

"Oleh karena itu, pemimpin harus berani mengambil keputusan meskipun situasinya sulit," tegas Sandiaga.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More