Sikap Tegas Puan Sikapi Kekejian Israel Ikuti Jejak Sang Kakek

Selasa, 18 Mei 2021 - 21:06 WIB
Berperilaku lemah lembut dan santun bertutur dalam keseharian, tak menjadi halangan Ketua DPR RI Puan Maharani untuk mengecam kekejian Israel di Jalur Gaza. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Berperilaku lemah lembut dan santun bertutur dalam keseharian, tak menjadi halangan bagi Ketua DPR RI Puan Maharani untuk mengecam kekejian dan sikap antikemanusiaan Israel di Jalur Gaza, Palestina.



Namun menurut Nova, yang paling penting digarisbawahi adalah ajakan Ketua DPR RI tersebut kepada semua pihak untuk menyerukan dan memaksa Israel menghentikan serangan kepada sipil Palestina. Apalagi selain dalam suasana relijius Idul Fitri, saat ini pun pandemi Covid-19 tengah melanda tak hanya warga Palestina, melainkan pula rakyat Israel sendiri.

"Artinya, Ibu Puan mengajak semua pihak, terutama Israel sebagai pihak agresor untuk menahan diri, tidak menambah beban rakyat Palestina yang tengah dirundung pandemi corona," ucap Nova.

Mengutip hukum fisika Aksi-Reaksi dari Newton, menurut Nova, secara alamiah sebuah aksi akan selalu direspons dengan reaksi, dan demikian pula apa yang terjadi di Gaza. Serangan Israel kepada warga Gaza yang tengah beribadah di Masjid Al-Aqsa, wajar bila kemudian mendapatkan balasan kelompok pejuang Palestina Hamas, dengan menembakkan sekian banyak roket ke wilayah Israel.



Serangan balasan tersebut sebagaimana pemberitaan bukan saja merepotkan, tapi juga menelan korban jiwa sebagaimana serangan Israel ke Gaza sebelumnya.

"Jadi urusannya, serangan Israel kepada warga sipil Palestina itu tak lain hanya akan menambah eskalasi kekerasan yang telah lama menjadi bagian kehidupan di wilayah itu. Perang tidak akan menimbulkan apa pun kecuali korban dan nestapa di kedua belah pihak," tutur Nova.

Akan halnya kecaman yang diserukan Ketua DPR RI Puan Maharani, Nova juga melihatnya sebagai konsistensi Puan terhadap tujuan pendirian NKRI yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945. Nova menunjuk alinea keempat dalam Pembukaan, yang antara lain berbunyi: "dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial."

"Apa yang terjadi di Palestina adalah penjajahan satu bangsa terhadap bangsa lain. Dari Bung Karno, Ibu Puan mengetahui dengan arif hal itu sebagai exploitation de nation par nation atau penindasan satu bangsa terhadap bangsa lain. Sejak awal, negara kita menyatakan membenci penjajahan dan menghendaki kemerdekaan dan kesetaraan setiap bangsa di dunia," kata Nova.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More