Perjalanan Panjang Sang Jenderal Prabowo Subianto Memimpin Negeri

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 06:21 WIB
Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024 atau 3 hari setelah ulang tahunnya ke-73. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden ke-8 RI pada Minggu, 20 Oktober 2024 atau 3 hari setelah ulang tahunnya ke-73. Siapa yang tidak kenal Prabowo, sang jenderal yang telah teruji di dunia militer.

Tentu saja jalan Prabowo menjadi orang nomor satu di negeri ini tidak mulus. Apalagi sebagai seorang jenderal, Prabowo memiliki jalan panjang bahkan terjal di kariernya sebagai prajurit TNI.





Prabowo merupakan anak dari Soemitro Djojohadikusumo, seorang pakar ekonomi yang pernah menjabat menteri di era Presiden Soekarno hingga Soeharto. Sementara, ibunya bernama Dora Marie Sigar atau dikenal Dora Soemitro.

Masa kecil Prabowo banyak dihabiskan di luar negeri. Namun, hal ini tidak menyurutkan Prabowo yang memilih jalan masuk Akademi Militer Nasional di Magelang, Jawa Tengah. Bahkan, Prabowo telah menghabiskan pendidikan dan berkarier selama 28 tahun di dunia militer.

Jalan panjang Prabowo di militer pun tak selalu mulus. Dia pernah memimpin operasi Nanggala di Timor Timur dari tahun 1976-1985 sebagai komandan pleton.

Ketika masih berusia 26 tahun Prabowo didaulat menjadi komandan termuda. Prabowo juga pernah memimpin operasi Seroja untuk menangkap pemimpin Fretilin Nicolau dos Reis Lobato.

Liku-liku Prabowo di dunia militer juga tidak kalah menarik untuk dikisahkan. Kariernya di militer terus melejit hingga akhirnya diangkat sebagai Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Karier Prabowo juga sempat mengalami gejolak atas berbagai tuduhan kepadanya. Kiprah Prabowo di militer terhenti setelah kerusuhan Mei 1998 seiring lengsernya Soeharto dari jabatan presiden.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More