5 Fakta Try Sutrisno, Mantan Panglima TNI yang Viral Tak Disalami Jokowi

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 11:20 WIB
Presiden Jokowi melewatkan salaman dengan mantan Wapres Try Sutrisno dalam momen peringatan HUT ke-79 TNI di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (5/10/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno , beberapa waktu lalu, viral di sosial media. Narasi yang beredar, Wakil Presiden ke-6 RI

itu tidak disalami Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dalam momen peringatan HUT ke-79 TNI di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, pada Sabtu (5/10/2024).

Isu Jokowi tidak menyalami Try Sutrisno ramai di media sosial X (dulu Twitter). Akun @ JhonSitorus_18 mempertanyakan kebenaran Jokowi tidak menyalami Try.



Berita viral itu lantas langsung mendapat tanggapan dari pihak Istana. Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menjelaskan Presiden Jokowi sudah bersalaman dan menyapa Wakil Presiden ke-6 Bapak Try Sutrisno beserta Ibu di holding VVIP room.



Yusuf mengatakan karena sudah bersalaman dan menyapa Try Sutrisno di ruang tunggu, maka pada kesempatan yang tampak dalam video, Presiden hanya menyalami undangan yang lain yang belum disalami.

5 Fakta Try Sutrisno

1. Pernah Menjadi Seorang Kurir

Try bersama keluarganya sempat pindah dari Surabaya ke Mojokerto ketika Belanda melakukan agresi militer. Hal tersebut memaksa Try Sutrisno untuk berhenti sekolah dan mencari nafkah sebagai penjual rokok dan penjual koran.

Ketika Try berusia 13 tahun, ia mulai tertarik untuk bergabung dengan Batalyon Poncowati dan melawan tetapi tidak ada yang menganggapnya serius dan ia akhirnya dipekerjakan sebagai kurir. Tugasnya adalah untuk mencari informasi ke daerah-daerah yang diduduki oleh tentara Belanda serta mengambil obat untuk Angkatan Darat Indonesia.

2. Punya Andil dalam Memberantas Pemberontakan PRRI

Pengalaman pertamanya di militer adalah berperang melawan Pemberontakan PRRI di Sumatera pada 1957. Bahkan perang ini dilakukannya ketika masih menjalani proses pendidikan, karena dia tercatat lulus dari ATEKAD (Akademi Teknik Angkatan Darat) 1959.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More