Profil Komjen Verdianto Iskandar Bitticaca, Jebolan Akpol 1988 Sekarang Jabat Astamaops Kapolri

Rabu, 02 Oktober 2024 - 13:07 WIB
Komjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca resmi bertugas sebagai Astamaops Kapolri. Dia dilantik bersama sejumlah perwira tinggi lainnya oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Ruang Rupatama Mabes Polri, Sabtu (28/9/2024). Foto: Ist
JAKARTA - Komjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca resmi bertugas sebagai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops). Dia dilantik bersama sejumlah perwira tinggi lainnya oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Ruang Rupatama Mabes Polri, Sabtu (28/9/2024).

Jabatan Astamaops merupakan tindak lanjut atas kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 90 Tahun 2024 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia yang menjadi perubahan dari Perpres Nomor 52 Tahun 2010.





Salah satu hal yang diubah adalah jabatan mengenai Asisten Utama Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dan Asisten Utama Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran (Astamarena). Pada Perpres sebelumnya tidak ada kata Utama dalam dua jabatan tersebut melainkan hanya Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) dan Asisten Kapolri Bidang Perencanaan dan Anggaran (Asrena).

Sosok Komjen Verdianto Iskandar Bitticaca

Komjen Verdianto Iskandar Bitticaca merupakan salah satu Pati Polri bintang 3. Pangkat tersebut didapat setelah penunjukannya sebagai Astamaops Kapolri, beberapa waktu lalu.

Verdianto lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 4 Januari 1967. Dia adalah lulusan Akpol tahun 1988.

Berpengalaman di bidang Brimob, Verdianto memang banyak berkutat di satuan tersebut. Pada awal kariernya, dia mengemban jabatan Danki 5129 Satbrimob Ditsamapta Polda Sumatera Utara (1993).

Sekitar 2002, Verdianto beralih menjadi Kasat Brimob Polda DIY. Setelahnya, dia kembali ke Sumut dengan tugas sebagai Kapolres KP3 Belawan (2007) dan Kapolres Binjai (2007).

Dia pernah menjadi Wadirsamapta Polda DIY pada 2008, kemudian Verdianto digeser kembali ke Brimob. Dia dipercaya menjabat Kasat Brimob Polda Sumut (2008) dan Kasat III/Pelopor Korbrimob Polri (2011).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More