5 Fakta Letjen TNI Mohammad Fadjar, Adik Krishna Murti yang Jadi Dankodiklat TNI

Jum'at, 20 September 2024 - 18:06 WIB
Mayjen TNI Mohammad Fadjar berfoto bersama kakaknya, Irjen Pol Krishna Murti dalam sebuah kegiatan. FOTO/IST
JAKARTA - Letjen TNI Mohammad Fadjar merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat. Adik dari Irjen Pol Krishna Murti itu baru saja ditunjuk menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan ( Dankodiklat ) TNI.

Penunjukan Fadjar sebagai Dankodiklat TNI tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan pada Rabu, 11 September 2024. Pada tugas barunya, Fadjar menggantikan Laksdya TNI Maman Firmansyah yang dimutasi menjadi Staf Khusus KSAL.

Lebih jauh, siapa sebenarnya sosok Mohammad Fadjar ini? Berikut sejumlah faktanya yang bisa diketahui.





Fakta Letjen TNI Mohammad Fadjar

1. Jenderal Bintang 3 TNI AD

Letnan Jenderal TNI Mohammad Fadjar lahir di Ambon, Maluku, 14 Agustus 1971. Mengacu tahun kelahirannya, usianya kini menginjak angka ke-53.

Saat ini, Mohammad Fadjar masuk jajaran jenderal bintang 3 TNI AD. Biasa dikenal dengan nama Letnan Jenderal (Letjen), pangkat tersebut didapat setelah penunjukannya sebagai Komandan Kodiklat TNI.

Sebelum penunjukannya itu, Fadjar sempat menjadi Pangdam III/Siliwangi dengan pangkat bintang dua (Mayor Jenderal). Jabatan tersebut ditempati periode Februari-September 2024.

2. Lulusan Akmil 1993

Mohammad Fadjar diketahui sebagai jebolan Akademi Militer (Akmil) 1993. Berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus), ia banyak bertugas di Korps Baret Merah.

Tercatat, ada sederet jabatan yang pernah diduduki selama berdinas di pasukan elit TNI AD tersebut. Di antaranya seperti Danyon 23 Grup 2 Kopassus (2008), Dansepurhut Pusdikpassus (2010) hingga Danpusdikpassus Kopassus (2015).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More