8 Jenderal Angkatan Darat yang Menjadi Panglima TNI Terlama, Ada 3 Tokoh Jenderal Besar

Senin, 22 Juli 2024 - 06:34 WIB
Terdapat delapan Panglima TNI berasal dari matra Angkatan Darat memiliki jabatan terlama. Tiga tokoh di antaranya merupakan Jenderal Besar. Foto/Kolase/Istimewa
JAKARTA - Terdapat delapan Panglima TNI berasal dari matra Angkatan Darat memiliki jabatan terlama. Beberapa dari mereka bahkan sempat menjabat selama lebih dari lima tahun.

Untuk era saat ini, Perwira Tinggi (Pati) TNI yang menduduki jabatan Panglima kurang lebih hanya 3 atau 1 tahun saja. Namun di masa lalu, pada masa pasca kemerdekaan sempat ada Panglima TNI yang menjabat hingga 4-5 tahun.

Beberapa dari Panglima TNI dari matra Angkatan Darat dengan jabatan terlama ini bukanlah nama yang asing, seperti Jenderal Soeharto, Jenderal Soedirman, dan Jenderal Abdul Haris Nasution.



8 Jenderal Angkatan Darat yang Menjadi Panglima TNI Terlama

1. Jenderal Abdul Haris Nasution



Ketika jabatan Panglima TNI kala itu masih bernama Ketua Gabungan Kepala Staf, Jenderal Abdul Haris Nasution sempat mendudukinya dari tahun 1955-1959 yang berarti kurang lebih empat tahun. Jabatan tersebut sempat diambil alih oleh Marsekal Soerjadi Soerjadarma dari 1959-1961 pada masa Agresi Militer Belanda II.

Namun Jenderal Besar Abdul Haris Nasution kembali mengambil alih jabatan Kepala Staf ABRI dari 1962 hingga 1966. Jika kedua masa jabatan itu disatukan, maka Jenderal Besar ini telah menduduki jabatan Panglima selama 8 tahun.

2. Jenderal Maraden Panggabean



Selanjutnya ada Jenderal Maraden Panggabean yang menjabat sebagai Panglima ABRI dari 28 Maret 1973 hingga 17 April 1978. Sehingga dirinya telah menduduki posisi Panglima selama 5 tahun 20 hari.

3. Jenderal Soedirman

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More