Profil Letjen TNI Richard Tampubolon, Kopassus yang Kini Jabat Pangkogabwilhan III

Kamis, 20 Juli 2023 - 07:33 WIB
Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon kini menjabat Pangkogabwilhan III. Sebelumnya, Letjen TNI Richard Tampubolon menjabat sebagai Irjenad. Foto/Ist
JAKARTA - Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon kini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Sebelumnya, Letjen TNI Richard Tampubolon merupakan Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad).

Perubahan jabatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Letjen Richard Tampubolon merupakan salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI dari total 96 Pati yang masuk daftar mutasi. Sebanyak 96 Pati ini terdiri dari 53 Pati TNI AD, 26 Pati TNI AL, dan 15 Pati TNI AU.





Letjen Richard Tampubolon adalah tentara kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969, lulusan Akademi Militer (Akmil) pada 1992. Richard berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Sepanjang kariernya di militer, telah banyak torehan prestasi yang diraih Richard Taruli Horja Tampubolon mulai dari posisi strategis hingga mendapat sejumlah brevet bergengsi.

Hampir sebagian dari masa penugasannya di TNI AD dihabiskan di dalam satuan pasukan khusus tersebut. Richard tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus.

Selain itu, dia juga harus kembali ke satuan tersebut usai menyandang pangkat Brigadir Jenderal pada 2017 untuk menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal. Richard akhirnya ditunjuk untuk menjadi Danjen Kopassus dua tahun setelahnya, usai menyandang pangkat Mayor Jenderal.

Letjen Richard Tampubolon tercatat pernah ikut serta dalam operasi militer di Timor Timor pada 1998. Waktu itu ia bertugas di satuan Kopassus, sehingga tak heran bila namanya ikut tercantum dalam operasi militer Timor Timur.

Kemudian, ketika telah berpangkat Brigjen, dia pernah ditunjuk sebagai Kepala Operasi (Kaops) Nemangkawi I di Papua. Richard dengan pasukan yang dibawanya sukses merebut Markas Organisasi Papua Merdeka (OPM) serta melumpuhkan beberapa pimpinan militer Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB).

Ada sejumlah Brevet bergengsi yang menghiasi seragam kebesaran Richard. Antara lain Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Free Fall, Brevet Para Utama, Brevet Pertempuran Hutan, Brevet Kualifikasi Pandu Udara (Pathfinder), dan Brevet Koopssus TNI.

Selain itu, Richard juga memiliki sejumlah brevet dari militer asing, macam Master Parachutist Badge (US Army), Master Parachutist Badge (Singapore Army), Parachutist Badge (Malaysian Armed Forces), Basic Parachutist Badge (Royal Thai Army).
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More