Jika Direstui Megawati, Budi Gunawan Berpotensi Dampingi Ganjar Pranowo

Rabu, 03 Mei 2023 - 06:07 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan santer di kalangan relawan Ganjar Pranowo digadang-gadang menjadi cawapres. Foto/SINDOphoto/Dok
JAKARTA - Nama Budi Gunawan santer di kalangan relawan Ganjar Pranowo. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini digadang gadang menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Dekan Fisip Universitas Soetomo (Unitomo) Serang, Banten, Yusak Farhan menilai peluang BG mendampingi Ganjar mengikuti Pilpres 2024 tetap terbuka. Meskipun tidak ada nama Budi Gunawan saat Presiden Jokowi menyebut nama-nama cawapres yang cocok mendampingi Ganjar.

"Tetapi keputusan cawapres Ganjar tetap ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri," kata Yusak, Rabu (3/5/2023).





Artinya, BG bisa saja menjadi cawapres Ganjar asal ada restu dari Megawati. "Bisa saja Megawati menetapkan cawapres Ganjar di luar nama-nama yang beredar selama ini," ujar pria yang juga Direktur Eksekutif Citra Institut ini.

Apalagi, lanjut dia, dari ketiga poros capres yang ada, PDIP cenderung punya fleksibilitas dalam menentukan cawapres karena tanpa koalisi pun PDIP sudah memenuhi presidential threshold.

"Partai yang merapat ke PDIP pun tidak serta merta mendapat jatah cawapres," ujarnya.Dalam pandangan Yusak, BG bukanlah sosok baru di birokrasi dan pemerintahan.

Sebagai Kepala BIN, BG tentu memahami dengan baik berbagai potensi ancaman terhadap keamanan nasional.

"BG juga memainkan peran penting dalam menjaga integrasi nasional," tuturnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More