2 Gubernur AAU Alumni 1987, Nomor Pertama Lulusan Terbaik di Empat Pendidikan Militer Berbeda

Kamis, 27 April 2023 - 07:23 WIB
Dirdik Akademi TNI membuka Sidang Bapimkorptar TW I Tahun 2023 di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta pada Maret 2023. FOTO/TNI AU
JAKARTA - Beberapa Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) merupakan alumni AAU 1987. Salah satunya menyandang predikat lulusan terbaik empat pendidikan kemiliteran berbeda.

AAU adalah sekolah pendidikan bagi karbol atau taruna TNI Angkatan Udara. Akademi yang bermarkas di Jalan Laksda Adi Sucipto KM 10 Yogyakarta ini menerapkan sistem pendidikan Tri Tunggal Terpadu. Pendidikannya meliputi pengajaran, jasmani militer, latihan, dan pengasuhan secara terpadu untuk menghasilkan perwira TNI AU berpangkat Letnan Dua (Letda) dengan karakter Tri Saksi Wiratama.

Secara organisasi, AAU berada di dalam struktur organisasi TNI AU yang dipimpin oleh seorang gubernur. Sepanjang sejarahnya, AAU telah dipimpin oleh gubernur yang berasal dari alumni AAU berbeda-beda, termasuk angkatan 1987.

Berikut 2 Gubernur AAU yang berasal dari alumni AAU 1987:

1. Marsekal Madya TNI (Purn) Tatang Harlyansyah



Foto/DOK.TNI AU



Tatang Harlyansyah merupakan pensiunan perwira tinggi TNI AU. Dia mengakhiri masa baktinya pada 31 januari 2022 setelah 35 tahun lamanya berkarier di bidang militer.

Pria kelahiran Samarinda, 25 Januari 1964 ini adalah lulusan AAU tahun 1987 dari Satuan Korps Penerbang (tempur). Lulus sebagai penerbang, Tatang lansung dipercaya mengawaki pesawat tempur F-5 Tiger Skadron Udara 14 di Pangkalan Udara TNI AU Iswahyudi. Ia menyandang gelar Eagle-46. Setelah itu di menjadi penerbang tempur di Skadron Udara 3 mengawaki pesawat F 16 A/B Fighting Falcon menyandang Dragon-17.

Mantan Komandan Lanud Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat itu merupakan anggota Tim Elang Biru, yim Aerobatik F-16 ini sangat terkenal pada periode 1996-1998. Tim ini menjadi kebanggaan TNI AU karena disejajarakan dengan tim aerobatik kelas dunia.

Yang menarik dari Tatang adalah selalu berprestrasi di pendidikan militer yang diikuti. Ia menyabet penghargaan sebagai lulusan terbaik atau Adhi Mayakasa Pendidikan Instruktur Penerbang, Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Sekkau), Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau), dan Sekolah Komando TNI (Sesko TNI).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More