5 Jenderal Polisi Kelahiran Papua, Nomor Terakhir Gubernur

Jum'at, 17 Maret 2023 - 21:18 WIB
Terdapat sejumlah putra kelahiran Papua yang telah menjadi Jenderal Polisi. Salah satunya Komisaris Jendera Polisi (Purn) Paulus Waterpauw. Foto DOK ist
JAKARTA - Terdapat sejumlah putra kelahiran Papua yang telah menjadi Jenderal Polisi . Salah satu di antaranya kini telah menjabat sebagai Gubernur di Papua Barat .

Dalam sejarah kepolisian, banyak daerah di Indonesia melahirkan personel polisi yang telah memiliki karier cemerlang dan berpangkat jenderal. Dari sekian banyaknya daerah di Indonesia, salah satu di antaranya berasal dari daerah Papua.



Jenderal Polisi Kelahiran Papua

Berikut lima jenderal polisi kelahiran dari tanah Papua:

1. Jhonny Edison Isir

Brigjen Pol Jhonny Edison Isir merupakan jenderal kelahiran Papua yang saat ini menjabat sebagai Karojianstra Sops Polri.

Pria kelahiran Jayapura pada 7 Juni 1975 ini merupakan lulusan Akpol pada tahun 1996 dan berhasil mengemas penghargaan Adhi Makayasa.



Sejumlah jabatan penting juga pernah diemban oleh jenderal polisi ini seperti pernah menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo, Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri, Kapolrestabes Medan, Kapolrestabes Surabaya, Wakapolda Sulut dan terakhir sebagai Karojianstra Sops Polri.

2. Pietrus Waine

Inspektur Polisi (Purn) Pietrus Waine juga termasuk jenderal polisi kelahiran tanah papua. Jabatan terakhir yang diembannya saat masih aktif di tubuh Polri yakni sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat.

Dalam riwayatnya, pria kelahiran 5 Juli 1962 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1989 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Selain itu, beberapa pendidikan kepolisian yang pernah ditempuhnya antara lain seperti PTIK (1995), Sespim (2003) dan terakhir Sespimti (2012).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More