Survei KedaiKOPI: Mayoritas Pemilih Gerindra Pilih Prabowo, PKS Anies

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:26 WIB
Survei terbaru KedaiKOPI menyebutkan mayoritas pemilih Partai Gerindra akan memilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024 dan begitu juga PKS yang memilih Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), terdapat asosiasi kuat antara partai dan capres. Partai Gerindra dengan Prabowo Subianto , sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Anies Baswedan .

Hasil tersebut didapatkan dari distribusi elektabilitas partai-partai berdasarkan elektabilitas empat calon presiden, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani.

"Distribusi tertinggi pemilih Gerindra mendukung Prabowo sebesar 74,7% diikuti Anies Baswedan 18,9%, Ganjar 6,0%, Puan 0,4%," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo dalam keterangannya, Kamis (26/1/2023).

Jumlah pemilih Gerindra yang mendukung Prabowo menjadi yang paling besar jika dibandingkan distribusi pemilih partai-partai lain terhadap Prabowo.

Sementara itu, para pemilih PKS mayoritas mendukung Anies Baswedan sebagai capres, yaitu sebesar 65,4%. Jumlah ini menjadi yang terbesar jika dibandingkan distribusi pemilih partai-partai lain terhadap Anies.



Dukungan sisa pemilih PKS terhadap Ganjar sebesar 18,7%, Prabowo 15,9%, dan Puan 0,0%. "PKS dan Anies tampak saling membutuhkan. Pada bagian lain survei didapatkan hasil mayoritas pemilih Anies (sebanyak 18,4%) adalah pemilih PKS," jelasnya.

Dengan demikian, jika Anies tidak didukung PKS maka potensi suara Anies akan hilang sebesar 18,4%. Sebaliknya, PKS berpotensi kehilangan suara jika tidak mendukung Anies Baswedan. Pasalnya, terdapat 34,2% para pemilih PKS menyatakan tidak akan memilih PKS jika tidak mengusung Anies Baswedan.

Survei Opini Publik Menuju 2024 diselenggarakan oleh Lembaga Survei KedaiKOPI pada 22 November-2 Desember 2022 secara tatap muka dengan menggunakan teknologi CAPI (Computer-Assisted Personal Interview) kepada 1.200 responden yang berusia di atas 17 tahun di 34 provinsi.

Dicuplik dengan teknik multi stage random sampling dengan tingkat kesalahan pencuplikan ± 2,83% pada interval kepercayaan 95%.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(kri)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More