3 Alasan Reformasi Polri Belum Terang Benderang

Kamis, 30 April 2015 - 16:59 WIB
3 Alasan Reformasi Polri Belum Terang Benderang
3 Alasan Reformasi Polri Belum Terang Benderang
A A A
JAKARTA - Polri dinilai belum mampu melakukan reformasi. Setidaknya, ada tiga persoalan dasar yang membuat reformasi di tubuh Polri itu belum terlaksana, menurut Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima).

Direktur Eksekutif Lima Ray Rangkuti mengatakan, persoalan yang pertama karena reformasi kepolisian belum menjadi prioritas utama presiden.

"Saya ragu ini jadi prioritas presiden. Lebih ragu lagi presiden itu mengerti reformasi polisi penting, bahwa ini bagian jadi bagian reformasi yang tertunda," kata Ray dalam diskusi di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2015).

Kedua, karena minimnya karya ilmiah mengenai reformasi Polri. "Ilmu kepolisian itu agak jarang. LIPI buat tiga buku tentang peran TNI dan lain-lain," jelasnya.

Sedangkan yang ketiga, menurut Ray, karena tidak ada satupun di internal Pori yang berniat melakukan reformasi. Tidak jenderal polisi yang mau mengerti pentingnya reformasi.

"Kita tidak mengenal polisi aktif yang bicara pentingnya reformasi kepolisian menyeluruh. Waktu reformasi TNI, terdapat banyak Jenderal aktif yang mengerti TNI harus direformasi. Di polisi jarang yang kritis, terbuka paling bisik-bisik di antara mereka," tandasnya. (ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6861 seconds (0.1#10.140)