Menteri Kehakiman Belanda Ivo Opstelten Mengundurkan Diri

Rabu, 11 Maret 2015 - 10:51 WIB
Menteri Kehakiman Belanda Ivo Opstelten Mengundurkan Diri
Menteri Kehakiman Belanda Ivo Opstelten Mengundurkan Diri
A A A
DEN HAAG - Menteri Kehakiman Belanda Ivo Opstelten mengundurkan diri setelah terlibat skandal kesepakatan bernilai jutaan gulden dengan penyelundup narkoba yang terjadi pada 15 tahun silam.

Opstelten merasa bersalah karena memberikan informasi keliru kepada parlemen selama penyelidikan. Pada 2001 lalu, Opstelten menyelesaikan kasus sengketa negara dengan gembong narkoba, namun ternyata dia telah memberikan informasi salah yang mengakibatkan harta tersangka Cees Helman seluruhnya disita negara.

Selama proses penyelidikan, tidak ada bukti yang memperlihatkan Helman mendapatkan kekayaannya dari bisnis narkotika. Opstelten meminta jaksa membayar kompensasi untuk Helman. Opstelten menyatakan kepada parlemen bahwa ganti rugi pada 2001 lalu itu terlalu sedikit. “Informasi soal ganti rugi ini seharusnya bisa ditemukan lebih dini.

Saya sangat malu dengan keteledoran ini dan akan bertanggung jawab serta menyatakan pengunduran diri,” kata Opstelten dilansir BBC. Ivo Opstelten Willem yang lahir pada 31 Januari 1944 adalah politikus Belanda dari Partai Rakyat untuk Kebebasan dan Demokrasi (VVD).

Dia menjabat sebagai menteri keamanan dan keadilan di Kabinet Rutte I dan II dari 14 Oktober 2010-10 Maret 2015. Saat usianya masih 28 tahun, diasudahmenjabatsebagai wali kota Dalen mulai1972-1977. Saat itu dia adalah wali kota termuda di Belanda.

Rini agustina
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7151 seconds (0.1#10.140)