Pakaian Modi Dilelang Rp8 M

Selasa, 24 Februari 2015 - 10:51 WIB
Pakaian Modi Dilelang Rp8 M
Pakaian Modi Dilelang Rp8 M
A A A
SEORANG pedagang berlian asal India, Hitesh Patel, membeli baju yang pernah dipakai Perdana Menteri India Narendra Modi seharga USD690.000 (sekitar Rp8,8 miliar).

“Kami akan menyimpan setelan pakaian ini di pabrik dan ini akan menjadi sumber inspirasi,” ungkap Hitesh Patel, dilansir BBC. Modi melelang pakaian miliknya tersebut bersama ratusan barang-barang hadiah yang ia terima. Ia berjanji akan menggunakan uang hasil lelang untuk melakukan aksi mulia yakni membersihkan Sungai Ganga.

Patel mengatakan, dirinya berhasil memenangkan lelang atas nama ayahnya, Lavji, pemilik perusahaan Dharmanandan Diamonds. Perusahaan ini memiliki omzet tahunan mencapai USD900 juta (sekitar Rp11,5 triliun). Bukan hanya Patel yang menginginkan setelan pakaian milik orang nomor satu di India tersebut. Saat lelang, ada orang lain yang berani menawar seharga 50 juta rupee (sekitar Rp10 miliar) namun ditolak panitia lelang karena sudah mendekati batas waktu lelang.

Setelan pakaian itu pernah dikenakan Modi saat menerima kunjungan resmi kenegaraan dari Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada lawatannya Januari silam. Acara pelelangan berakhir pada Jumat (20/2) lalu.

Patel mengaku akan memajang pakaian bersejarah ini di ruang resepsionis kantornya. Pakaian berwarna biru gelap tersebut merupakan hadiah yang diterima Modi dari seorang pengusaha bernama Ramesh Bhikhabhai Virani.

“Kami berjalan ke Rishikesh setiap tahun dan melihat kondisi Sungai Gangga menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Jadi ketika diumumkan bahwa keseluruhan hasil lelang ini akan digunakan untuk membersihkan sungai itu, direktur perusahaan kami memutuskan untuk ikut pelelangan,” tambah Patel, dikutip India Times.

“Merupakan kebanggaan tersendiri bisa memperoleh pakaian yang pernah dimiliki Perdana Menteri Narendra Modi,” ungkap Patel.

Arvin
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)