Foto Berita Terbaik 2014

Minggu, 15 Februari 2015 - 09:31 WIB
Foto Berita Terbaik 2014
Foto Berita Terbaik 2014
A A A
Seperti foto terbaik tahun 2013, “Signal“, karya fotografer John Stanmeyer, tahun ini World Press Photo of The Year juga berasal dari kategori Contemporary Issue, yaitu “Jon and Alex” karya fotografer Denmark Mads Nissen.

Karya foto yang menggambarkan kehidupan kaum gay di Rusiainimenyingkirkanfoto beritakonflik Ukraina, krisis Ebola di Sierra Leone, hingga aksi protes menentang pemerintahan di Turki. Beragam peristiwa yang terekam pada karya foto para pemenang semakin menahbiskan kekuatan pesan yang dapat disampaikan lewat fotografi. Selain foto karya Mads Nissen, foto-foto pemenang kategori lain juga sarat dengan pesan.

Foto berjudul “Kitchen Table“ karya fotografer Sergei Ilnitsky memperlihatkan meja makan yang berantakan di salah satu rumah penduduk dalam kawasan konflik Ukraina terpilih sebagai pemenang kategori General News untuk foto tunggal. Buruknya imbas perang bagi warga sipil yang terjebak dalam daerah konflik terlukis jelas lewat foto ini.

Kemudian, tatapan kosong megabintang sepakbola Argentina, Lionel Messi, ke arah trofi Piala Dunia setelah Argentina dikalahkan Jerman 0-1 dalam final Piala Dunia lalu menjadi foto terbaik pada kategori Sports untuk foto tunggal. Pesan yang kuat dari penantian Messi untuk gelar Piala Dunia, trofi bergengsi yang belum ia raih, tergambarkan kuat pada karya fotografer Bao Tailiang asal China ini.

Setelah itu, lihatlah foto pemenang kategori Nature untuk foto tunggal, ekspresi monyet sirkus gemetar ketakutan saat sang pelatih yang memegang cambuk menghampirinya, menggambarkan eksploitasi manusia pada hewan yang masih banyak terjadi di dunia. Virus Ebola yang mematikan di Sierra Leone, Afrika, juga tergambarkan dengan sangat baik oleh fotografer Pete Muller yang meraih penghargaan kategori General News untuk photo story.

Sebanyak 97.912 karya foto dari 5.692 fotografer yang berasal dari 131 negara masuk dalam penjurian kontes yang tahun ini merupakan perhelatan ke-58. Dari deretanfoto pemenang, sebanyakduafoto, yaitu “Indonesia’s Last Orang Utan” karya Sandra Hoyn dan “Waria; Being a Different Muslim” karya Fulvio Bugani diabadikan di Indonesia, yaitu di Sumatera Utara dan Yogyakarta.

Foto-foto pemenang World Press Photo 2014 yang dapat dilihat di laman http://www.worldpressphoto.org/ akan dipamerkan dalam eksibisi di 100 kotapada 45negara, diawalidiAmsterdam, Belanda, pada 18 April mendatang.

Arie yudhistira
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7921 seconds (0.1#10.140)