Rem Blong, Truk Bermuatan Paku Bumi Terbalik

Jum'at, 30 Januari 2015 - 11:01 WIB
Rem Blong, Truk Bermuatan Paku Bumi Terbalik
Rem Blong, Truk Bermuatan Paku Bumi Terbalik
A A A
TARUTUNG - Truk trailer bernomor polisi B 9268 OJ milik PT Technico, subkontraktor PT Hyundai, anggota konsorsium Sarulla Operation Limited (SOL), mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), kemarin.

Kecelakaan itu mengakibatkan seluruh badan jalan di Kelurahan Onan Hasang, Kecamatan Pahae Julu, Kabupaten Tapabuli Utara, Sumatera Utara (Sumut), atau pada Km 21 Tarutung – Tapanuli Selatan, tidak dapat dilintasi. Truk gandeng yang mengangkut paku bumi puluhan ton jatuh terempas. Truk pengangkut bahan baku kebutuhan PT Sarulla Operations Ltd (SOL) itu terbalik saat melewati jalan menurun di permukiman padat penduduk sekitar pukul 12.00 WIB.

Dari keterangan warga, truk melaju dari arah Tarutung menuju Silangkitang Pahae yang merupakan tempat pengeboran panas bumi. “Peristiwanya sangat cepat dan kami sempat panik karena truk terempas kuat di atas aspal. Kami terkejut melihat truk yang panjangnya belasan meter dapat terbaik dan menutup seluruh badan jalan,” ungkap saksi, Hardinus Hutabarat, 25.

Informasi yang dihimpun KORAN SINDOmenyebutkan, truk melaju dan mengalami rem tak berfungsi. Pengemudi kemudian berusaha menghindari kerumunan warga di depan dengan melempar setir ke arah berlawan. Alhasil, truk gandeng itu menghantam dua teras rumah yang ada di pinggir jalan dan selanjutnya terempas di tengah jalan hingga keseluruhan roda dan gandengan truk berada di atas menimpa muatan dan awak angkutan berat tersebut.

Sopir truk dan kernetnya bahkan kritis terjepit kabin truk. Proses evakuasi terhadap sopir pun sempat mengalami kesulitan karena minim peralatan yang dipergunakan warga setempat. “Baru pada pukul 14.25 WIB, dengan peralatan seadanya, kami baru bisa mengevakuasi korban dari dalam kabin trailer yang dalam kondisi terbalik dan ringsek,” katanya.

Dua korban yang belum diketahui identitasnya itu kemudian dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun, luka parah yang dialami korban mengharuskan keduanya dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung. Marlan Sitompul, staf Departemen Eksternal SOL, menyebutkan, trailer yang mengalami kecelakaan ini sedang mengangkut 23 batang paku bumi yang seyogianya dipergunakan PT Technico di lokasi Sil 1, Desa Silangkitan, Pahae Jae.

Karena dugaan rem tak berfungsi, sang supir pun tak bisa mengendalikan kemudi hingga terjadi kecelakaan itu. Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Taput AKP Edward Simamora menjelaskan, evakuasi truk tergolong lambat karena lokasi jatuhnya truk sangat sempit.

“Kami telah mengerahkan dua alat berat untuk mengangkat bangkai truk beserta material paku bumi yang menutupi badan jalan,” katanya.

Baringin lumban gaol
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4333 seconds (0.1#10.140)