21 Peserta Dikarantina

Jum'at, 05 Desember 2014 - 09:08 WIB
21 Peserta Dikarantina
21 Peserta Dikarantina
A A A
SEMARANG - Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2014 memasuki puncak acara.

Sebanyak 13 finalis berebut menjadi Ratu Jamu Gendong dan 8 finalis adu kebolehan untuk menjadi Jamu Gendong Teladan pada grand final yang akan digelar di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/12). Serangkaian acara bakal dilakoniparapeserta grandfinal.

Pada hari pertama, Jumat (5/12), seluruh peserta akan menjalani karantina di Pondok Tingal Hotel Borobudur, Magelang. Mereka bakalmenjalaniujimateridantertulis. Sementara pada hari kedua, Sabtu (6/12), semua peserta diajak refreshing mengunjungi desa wisata di kawasan Borobudur.

Kunjungan di desa wisata ini untuk melatih para finalis tentang sosialisasi dan kemampuan mereka termasuk kepedulian dengan lingkungan sekitarnya. Puncaknya, Minggu (7/12), merupakan penjurian final peserta. Dalam grand final itu akan dinilai tentang aksi panggung, gaya, dan kemampuan, serta yang paling utama adalah pengetahuan jamu. Pada acara puncak ini juga bakal dinobatkan Jamu Gendong Teladan.

Menurut ketua panitia Aris Rahardjo, ajang Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan ini diprakarsai PT Jamu Jago menjadi gelaran yang ke-6 kalinya. “Event ini telah menjadi tolok ukur bahwa penyelenggaraan yang sudah mendapat apresiasi dan minat dari para penjual jamu di seluruh Indonesia terutama Jawa,” kata Aris kemarin.

Pihaknya berharap, setelah diadakan Pemilihan Ratu Jamu Gendong ini, eksistensi para penjual jamu masih bisa dijaga, khususnya kemampuan memilih bahan sampai menjadikan bentuk minuman.

“Selanjutnya sebagai Ratu Jamu Gendong terpilih bisa menjadi brand ambassador atau wakil PT Jamu Jago untuk terus menyosialisasikan dan menjaga warisan budaya dalam pembuatan jamu,” ujar Aris.

Ahmad antoni
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6181 seconds (0.1#10.140)