Topi Napoleon Laku Rp28,8 Miliar

Selasa, 18 November 2014 - 13:24 WIB
Topi Napoleon Laku Rp28,8 Miliar
Topi Napoleon Laku Rp28,8 Miliar
A A A
Napoleon Bonaparte, bangsawan Prancis yang identik dengan koleksi topinya. Pada Minggu (16/11) lalu, salah satu topinya dilelang dan terjual seharga 1,88 juta euro (sekitar Rp28,8 miliar).

Topi bersejarah ini dibeli seorang kolektor asal Korea Selatan, Lee Tae Kyun, pada acara pelelangan barang milik Napoleon di dekat Kota Paris, Prancis. Kyun merupakan manajer perusahaan makanan ternama di Korea, Harim.

”Saya datang untuk mewakili atasan saya, pemimpin perusahaan. Dia ingin membelinya karena kami memiliki gedung baru dan topi ini memiliki makna tersendiri di sana untuk generasi muda,” ungkap Kyun, seperti dilansir AFP.

”Kami ingin menunjukkan topi ini agar orang datang karena karyawan kami sama (seperti Napoleon). Kami merupakan perintis di Korea,” tambahnya. Binoche dan Giquello, perwakilan dari rumah lelang Osenat yang terletak di Fontainebleau, Prancis, mengatakan, harga yang disepakati ini hampir lima kali lipat dari angka penawaran awal. Lelang yang digelar keluarga Kerajaan Monaco ini berhasil meraup dana 10 juta euro (sekitar Rp152,9 miliar).

Selama menjabat sebagai kaisar Prancis dari 1804-1814, Napoleon Bonaparte memakai sekitar 120 topi. Topi yang dinamai bicorne ini mempunyai 2 ujung horizontal. Ini merupakan bentuk variasi dari tricorne (tiga ujung horizontal).

Topi bicorne yang dibuat seorang pembuat topi asal Prancis, Poupard, ini sangat popular pada masa revolusi Amerika di abad ke-17 dan banyak kalangan menggunakannya. Namun, Napoleon memakai topi ini dengan cara yang berbeda. Ia memakainya dengan cara menyamping agar mudah dikenali saat di medan perang.

Arvin
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5028 seconds (0.1#10.140)