Siswa SMP 1 Wates Wakili Indonesia di Jepang

Rabu, 12 November 2014 - 13:25 WIB
Siswa SMP 1 Wates Wakili Indonesia di Jepang
Siswa SMP 1 Wates Wakili Indonesia di Jepang
A A A
KULONPROGO - Assifa Nur Fadila,15, pelajar kelas IX SMP Negeri 1 Wates, akan mewakili Indonesia dalam Lomba Roket Air Internasional Ke-21 (Water Rocket Event, Asia Pasific Regional Regional Space Agency Forum) di Jepang, 27 November-1 Desember.

Sebelumnya dia memenangkan Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2014 yang diadakan PUSPIPTEK di Serpong, Tangerang, Banten. Keunggulan roket air karya Assifa memiliki akurasi sasaran dan kestabilan saat meluncur. Ini menjadi poin penting yang dinilai dalam lomba roket air dimana untuk menghasilkan akurasi yang baik ini diperlukan perhitungan, ketelitian, dan keakuratan dalam membuat roket.

Mulai dari menentukan volume air, tekanan, sampai derajat hingga volume mesin pemberat dan sirip. ”Roket air sekilas tampak sederhana, tetapi memiliki skill dan perhitungan yang tepat. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri,” ujar Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo ketika menemani audiensi Assifa di rumah dinas kemarin.

Pada audiensi ini, Assifa juga didampingi orang tuanya, Suratna (Guru SMA 1 Pengasih), dan Heny Prihastiwi (Guru SMA 1 Temon). Kepala Kantor Taman Pintar Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono juga turut serta. Menurut Hasto, prestasiinitidak hanya membanggakan Kulonprogo, namun juga DI Yogyakarta.

Apalagi, dalam proses pemuatan semua dilakukan sendiri tanpa bantuan pembimbing saat dilaksanakan lomba. Untuk itulah, bupati meminta Assifa terus berikhtiar, meluruskan niat, bertawakal, dan terus berlatih sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.”Kami doakan semoga lancar dan sukses,” ucap Hasto.

Kepala Kantor Taman Pintar Kota Yogyakarta Yunianto menambahkan, Senin (24/11) mendatang Assifa berangkat ke Jakarta untuk mengikuti pengarahan. Dia akan berangkat ke Jepang pada Kamis (27/11) untuk mengikuti lomba pembuatan roket air internasional hingga 1 Desember 2014.

Kuntadi
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0616 seconds (0.1#10.140)