Bus Tabrak Truk, 56 Orang Tewas

Rabu, 12 November 2014 - 12:51 WIB
Bus Tabrak Truk, 56 Orang Tewas
Bus Tabrak Truk, 56 Orang Tewas
A A A
KARACHI - Sedikitnya 56 orang tewas ketika bus yang berpenumpang penuh bertabrakan dengan truk barang di Khairpur, 450 kilometer utara Karachi, Pakistan, kemarin.

Tragedi itu memicu kekhawatiran publik Pakistan mengenai layanan transportasi yang tidak memiliki standar keamanan dan keselamatan. “Bus penumpang jurusan Karachi yang baru datang dari Kota Swat berjalan ke sisi jalan yang salah. Bus itu bertabrakan dengan truk barang dan menewaskan 56 orang,” kata petugas polisi lokal, Nasir Aftab, kepada AFP.

Sebagian besar korban tewas adalah anak-anak dan perempuan. Tercatat ada 17 perempuan dan 18 anak-anak ikut menjadi korban tewas dalam kecelakaan itu. Sementara 18 penumpang lainnya terluka. Seorang dokter di rumah sakit Khairpur, Provinsi Sindh, mengungkapkan, jumlah korban masih mungkin bertambah. Pasalnya, kondisi tiga penumpang lainnya kritis.

Menurut petugas medis di rumah sakit Khairpur, Ghulam Jaffar Soomro, bus terguling karena berkecepatan tinggi. Petugas kepolisian, Ghulam Jhokhio menambahkan, kecelakaan tersebut begitu cepat terjadi dan memakan banyak korban karena ledakan tangki bahan bakar kendaraan.

“Awan tebal menutupi jalan bebas hambatan saat tabrakan itu terjadi,” kata Jhokhio, dikutip media Pakistan, Dawn . AD Khawaja, inspektur jenderal polisi lalu lintas, mengungkapkan, sopir harus bertanggung jawab karena bus dalam kondisi kelebihan penumpang.

“Insiden seperti itu dapat dicegah jika jalan bebas hambatan dibuat dengan standar internasional,” papar Khawaja. Gubernur Negara Bagian Sindh, Ishratul Ibad Khan, mengucapkan duka mendalam atas kecelakaanitu. Diamemerintahkan petugas medis untuk merawat parakorban.

Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif kemarin juga memberikan ucapan duka atas kecelakaan itu. Tragedi kecelakaan di jalan raya merupakan hal yang sering terjadi di Pakistan. Jalanan yang buruk, perawatan kendaraan yang minim, dan sopir yang tidak memiliki standar kerja, menjadi alasan klasik banyaknya kecelakaan di Pakistan. April lalu bus bertabrakan dengan traktor di Sindh yang menewaskan 42 orang.

Andika hendra m
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6426 seconds (0.1#10.140)