Boleh Emosi, tapi Tak Rusak Fasilitas Publik

Rabu, 20 Agustus 2014 - 23:54 WIB
Boleh Emosi, tapi Tak Rusak Fasilitas Publik
Boleh Emosi, tapi Tak Rusak Fasilitas Publik
A A A
JAKARTA - Jelang pengumuman sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), massa pendukung Prabowo Hatta diprediksi akan menggelar aksi besar-besaran di depan gedung tersebut.

Menurut tim Prabowo-Hatta, Syarif Hidayat mengatakan, melalui intruksi tim pemenangan nasional Jenderal Yunus Yosfiah, para pendukung Prabowo-Hatta diminta untuk menggelar aksi damainya, tanpa kekerasan.

"Boleh emosi, tapi hanya dengan kata-kata. Tidak boleh emosi dengan melakukan perusakan-perusakan fasilitas publik," kata Syarif di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Maka itu, Syarif meminta, agar massa yang akan turun ke jalan tidak berbuat onar dan merusak fasilitas umum. Karena, jika itu terjadi hal itu bukan tanggung jawab tim pemenangan.

"Jumlah kita 50 ribu massa, tidak mungkin kita membatasi emosi mereka. Kita hanya menghimbau supaya bertindak tertib," katanya.

Menurutnya, pendukung Prabowo akan mentaati keputusan MK yang merupakan keputusan final. "Jika kami rasa keputusan itu belum memberi keadilan bagi kami, kami akan memperjuangkan keadilan itu melalui jalur lain yang konstitusional," ungkapnya.

Dikatakan Syarif, pihaknya akan ke PTUN untuk membatalkan keputusan KPU dan lain-lain. Tak hanya itu, pihaknya pun akan gunakan kekuatan di DPR dengan koalisi merah putihnya, untuk membongkar kecurangan yang dilakukan KPU.

"Semua perjuangan kita lakukan melalui jalur konstitusional. Melalui lembaga-lembaga resmi. Tidak melalui kekerasan di jalanan," bebernya.

Syarif pun menyadari aksi jalanan sangat rawan terjadi kerusuhan, dan kekerasan. Hal ini untuk menghindari dan tidak dilakukan, karena nanti rakyat yang akan rugi.

"Aksi anarkis hanya akan mengorbankan rakyat. Sementara kami ini berjuang untuk rakyat," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya tidak akan menggunakan kekerasan karena nanti justru akan dijauhi dan bahkan dimusuhi rakyat.

"Biarlah pada pengacara dan penasihat hukum serta politisi yang berjuang untuk meraih keadilan bagi kita," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5511 seconds (0.1#10.140)