Trik KPU Efektifkan Distribusi Surat Suara Pilpres

Rabu, 11 Juni 2014 - 17:30 WIB
Trik KPU Efektifkan Distribusi Surat Suara Pilpres
Trik KPU Efektifkan Distribusi Surat Suara Pilpres
A A A
JAKARTA - Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menjelaskan, setelah produksi logistik selesai, setiap harinya akan langsung dilakukan pengepakan dan pendistribusian hingga ke KPU kabupaten atau kota secara berjenjang.

"Kalau menunggu 180 atau sekitar 190-an juta lembar baru kemudian dikirim, itu terlalu lama. Jadi setiap hari setiap selesai produksi langsung kirim," kata Arief di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (11/6/2014).

Arief mengatakan, selain luar negeri, sejumlah wilayah untuk titik terjauh Indonesia juga menjadi prioritas pengiriman logistik pilpres.

"Daerah yang dari segi jarak jauh, ada Aceh, Sulawesi Utara, Papua, NTT dan sebagainya. Kedua, selain jauh sulit, daerah-daerah yang jalur transportasinya tidak banyak frekuensinya," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika ada kendala dalam pendistribusian, pihaknya akan meminta bantuan kepada TNI seperti pada saat pemilu legislatif (pileg) lalu.

"Jika ada kendala di daerah tertentu, pesawat seminggu dua kali, kalau di luar jadwal itu akan kerja sama dengan TNI/Polri," tuturnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6183 seconds (0.1#10.140)