Profil Jokowi dalam soal UN dinilai tidak wajar

Selasa, 15 April 2014 - 05:00 WIB
Profil Jokowi dalam...
Profil Jokowi dalam soal UN dinilai tidak wajar
A A A
Sindonews.com - Munculnya profil singkat Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi dalam soal Ujian Nasional (UN) 2014 dinilai tidak wajar. Kemunculan profil Jokowi dalam soal UN terkesan kampanye terselubung.

"Menjadi tidak wajar karena kondisi politik saat ini, di mana Jokowi akan menjadi calon presiden dari partai tertentu. Jadi ada kesan kampanye terselubung," ujar Anggota Komisi X DPR Reni Marlinawati, Senin 14 April 2014.

Sebaliknya, kata dia, munculnya profil orang nomor satu di Jakarta itu menjadi wajar jika bukan sosok yang maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Dia mengaku telah berusaha untuk meminta penjelasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait permasalahan ini. "Saya sudah telepon Dirjen Dikmen untuk meminta klarifikasi, tapi tidak diangkat," ujarnya.

Reni pun akan terus meminta klarifikasi dari pihak Kemendikbud mengenai persoalan ini. "Iya (akan minta klarifikasi)," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, profil singkat Gubernur DKI Jakarta itu muncul di lembar ke tujuh soal ujian Bahasa Indonesia.Dalam soal tersebut diceritakan soal perilaku dan prestasi Jokowi.

Berikut isi soal yang mengangkat tema Jokowi.

Cermati kutipan biografi berikut ini untuk menjawab soal nomor 13 dan 14!

"Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, merupakan alumnus UGM. Sejak 15 Oktober Jokowi menjabat sebagai Gubernur DKI. Tokoh yang jujur dan selalu bekerja keras ini dikenal dengan gaya blusukannya ke pelosok ibukota. Berbagai penghargaan telah beliau raih, antara lain ia termasuk salah satu tokoh terbaik dalam pengabdiannya kepada rakyat.

Sebagai tokoh seni dan budaya, beliau dinilai paling bersih dari korupsi. Namun demikian, usahanya di bidang upah minimum provinsi (UMP) mengalami kendala oleh tindakan buruh yang memanggil kembali perwakilannya saat sidang berlangsung. Buah dari pertemuan tersebut dewan pengupahan menetapkan UMP sebesar Rp 2,2 juta."


Berikut salah satu soal yang ditanyakan terkait kutipan di atas.

Keteladanan Jokowi pada kutipan wacana tersebut adalah...
A. alumni UGM yang cinta seni dan budaya
B. gemar blusukan ke pelosok wilayahnya
C. mengadakan pertemuan dengan dewan pengupahan
D. menjadi tokoh seniman terkemuka di DKI Jakarta
E. menerima berbagai penghargaan dan gelar


Berita:
Lho kok ada Jokowi di soal UN?
Muncul di soal UN, Jokowi ngaku enggak tahu
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)