KPU pede Golput di Jabar di bawah 30%

Jum'at, 11 April 2014 - 00:39 WIB
KPU pede Golput di Jabar di bawah 30%
KPU pede Golput di Jabar di bawah 30%
A A A
Sindonews.com - KPU Jawa Barat optimistis angka golput di Jawa Barat akan berada di bawah 30 persen. Itu karena sejumlah lembaga survei mencatat partisipasi pemilih di Jawa Barat pada pemilu kali ini ada pada kisaran 70 persen.

"Kita lihat di survei-survei kan partisipasi pemilih sekira 70 persen dan golputnya 30 persen," kata Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat, di Kantor KPU Jawa Barat, Kota Bandung, Kamis (10/4/2014).

Berkaca dari hasil itu, ia yakin setelah hasil resmi pemilu sudah final maka angkanya akan jauh lebih baik. "Kita sih yakin partisipasi publik akan lebih besar lagi," ungkapnya.

Salah satu acuannya adalah ada beberapa daerah di Jawa Barat yang berdasarkan hasil survei memperlihatkan tren positif. Di Cirebon misalnya, angka partisipasinya mencapai 76 persen.

"Padahal pada pemilu sebelumnya angka partisipasi pemilih di sana hanya sekira 46 persen," jelasnya.

Hal itu ditunjang dengan partisipasi publik di daerah lain di Jawa Barat. "Rata-rata partisipasinya 70 persen, malah ada yang di atas 80 persen," tutur Yayat.

Tapi untuk memastikan angka golput dan partisipasi pemilih, hal itu baru diketahui setelah rekapitulasi suara di tingkat KPU Jawa Barat dilakukan dalam beberapa waktu ke depan.

Soal angka golput yang diyakini akan sedikit, Yayat berasumsi itu karena sosialisasi pemilu yang dilakukan berbagai pihak berjalan dengan baik.

"Sosialisasinya berjalan efektif, masiv, sistematis, dan terukur. Insya Allah target partisipasi 76 persen tercapai," pungkas Yayat.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7499 seconds (0.1#10.140)