Parpol siapkan strategi untuk pemilih pemula

Sabtu, 22 Februari 2014 - 04:27 WIB
Parpol siapkan strategi untuk pemilih pemula
Parpol siapkan strategi untuk pemilih pemula
A A A
Sindonews.com – Potensi suara di kalangan pemilih pemula dinilai cukup signifikan pada Pemilu 2014 nanti. Untuk itu, partai politik (parpol) sudah menyiapkan strategi khusus untuk menggaet mereka.

Ketua DPP Partai Hanura Syarifuddin Sudding mengatakan, suara pemilih pemula sangat potensial untuk diperebutkan sejumlah parpol dalam pemilu nanti karena jumlahnya yang cukup besar.

“Hanura sudah menyiapkan strategi khusus untuk menarik simpati pemilih pemula,” kata Sudding di Jakarta.

Menurut dia, Hanura juga telah menyiapkan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan kecenderungan segmentasi kalangan pemilih pemula.

Melalui program dan sejumlah kegiatan itu nantinya partai besutan Wiranto ini akan masuk ke berbagai komunitas para pemilih pemula melalui para calon legislator (caleg) di semua tingkatan. “Ada strategi khusus yang disiapkan guna meraih simpati pemilih pemula,” ujarnya.

Kendati begitu, Sudding mengakui tidak mudah untuk merebut suara pemilih pemula. Selain belum memiliki pemahaman politik yang luas, pemilih pemula punya karakteristik yang berbeda. Mereka termasuk dalam kategori pemilih yang masih labil dan mudah berubah dalam menentukan pilihan.

Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PPP Fernita Darwis mengatakan, partainya sudah sejak lama menyiapkan strategi khusus untuk meraup suara pemilih pemula. Salah satunya dengan menempatkan sebanyak 60 persen lebih caleg dari kalangan usia muda, mulai tingkat pusat hingga daerah.

Pemberian porsi besar bagi caleg usia muda menurutnya sebagai strategi agar dapat menarik simpati pemilih pemula. Caleg PPP bahkan diwajibkan punya tim kampanye dan saksi di TPS yang sebagian besar terdiri atas anak muda serta harus memiliki konsep atau program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan para pemilih pemula. Program tersebut dapat berupa kegiatan olahraga dan musik religius yang sekarang ini tengah diminati anak muda.

Kesiapan untuk memperebutkan suara pemilih pemula juga ditunjukkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ketua DPP PKB Marwan Jafar memperkirakan jumlah pemilih pemula pada Pemilu 2014 nanti mencapai 36 perseb dari total pemilih yang ada. Angka tersebut dianggap sebagai pangsa pasar menarik untuk diperebutkan.

Karena itu, PKB menyiapkan langkah khusus untuk merebut suara para pemilih pemula. “Tentu sudah disiapkan lewat program yang akan dijalankan pemuda dan mahasiswa PKB,” katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)