Cerita Ferguson, Special One dan kepergian Bale

Jum'at, 27 Desember 2013 - 17:46 WIB
Cerita Ferguson, Special...
Cerita Ferguson, Special One dan kepergian Bale
A A A
Sindonews.com – Banyak peristiwa mewarnai perjalanan Liga Premier sepanjang tahun 2013. Namun dibalik panjangnya deretan cerita pada tahun lalu, setidaknya ada dua peristiwa paling menonjol yakni pensiunnya Sir Alex Ferguson dari Manchester United dan kembalinya pelatih berjuluk The Special One, Mourinho ke Chelsea.

Setelah 38 tahun menjalani karirnya sebagai pelatih sejak menangani klub East Stringlingshire dan 17 tahun diantaranya menangani Manchester United, Ferguson mengumumkan pensiun pada tanggal 8 Mei 2013.

Dan dia menutup karirnya dengan mengantarkan trofi juara Liga Premier ke-13 kalinya tahun lalu.
Sebagai pengganti dia menunjuk nama pelatih Everton David Moyes untuk meneruskan pekerjaannya di Old Trafford.

Tanpa Ferguson, sepak bola Inggris sedikit kehilangan sosok berpengaruh. Namun kepergian Ferguson terhapus dengan kedatangan kembali pelatih kontroversial Jose Moourinho ke Chelsea.

Setelah ke Inter Milan (2008-2010) dan Real Madrid (2010-2013), pelatih asal Portugal itu kembali ke Stamford Bridge sejak 3 Juni 2013. Mou dikontrak selama 4 tahun. Kehadiran Mou dipastikan akan kembali meningkatkan atmosfer, persaingan dan gairah sepak bola Inggris.

Selain cerita Ferguson dan Mou, tahun 2013 juga diramaikan dengan mega transfer gelandang Tottenham Hotspur Gareth Bale ke Real Madrid. Spurs akhirnya merelakan kepergian Bale ke Madrid.

Namun klub asal London itu tidak terlalu meratapi kepergian pemain asal Wales itu lantaran mereka mengantongi uang sebesar 91 juta euro dari transfer pemainnya. Dan jumlah itu mencatatkan diri sebagai transfer pemain tertinggi di dunia.

Tahun 2013 juga ditandai dengan berakhirnya era Peter Hill Wood yang mundur sebagai Direktur Arsenal setelah 51 tahun berada dalam jajaran petinggi klub, Juni lalu. Dia digantikan Sir Chips Keswick.
(irc)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8967 seconds (0.1#10.140)