Gita legowo jika kalah di Konvensi Demokrat

Kamis, 12 Desember 2013 - 15:36 WIB
Gita legowo jika kalah di Konvensi Demokrat
Gita legowo jika kalah di Konvensi Demokrat
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan salah satu peserta yang lolos prakonvensi tahap pertama penyaringan bakal calon presiden (Capres) Partai Demokrat oleh Komite Konvensi. Pada saat ini, semua peserta konvensi temasuk Gita diperbolehkan melakukan kegiatan pengenalan diri kepada masyarakat.

Saat berdiskusi dengan Redaksi MNC Group, Gita mengaku dirinya bakal menerima apapun hasil akhir konvensi. Jika kalah, maka Gita mengaku bakal legowo.

"Tapi kalau saya tidak berhasil saya sih ikhlas-ikhlas saja," celetuk Gita, saat diskusi di Gedung Sindo, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Menteri Perdagangan, yang juga menjabat Ketua Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) ini mengatakan, dirinya sekarang hanya ingin membuktikan kepada masyarakat. Kesempatan itu dia maksimalkan selama menjalankan tugasnya sebagai menteri.

"Saya percaya kalau saya sudah lakukan yang terbaik. Tapi kalau hasilnya lain, saya oke-oke (legowo) saja," ujarnya.

Gita menambahkan, sekalipun kehidupan politik merupakan hal yang baru untuknya. Tetapi, ia mengaku mulai belajar beradaptasi dengan kegiatan-kegiatan politik setelah resmi maju dalam konvensi.

"Saya cukup naif di politik. Tapi saya cukup belajar juga dalam beberapa bulan terakhir ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, setelah melalui tahap prakonvensi, Konvensi Partai Demokrat dimulai pada 15 September 2013 dan berlangsung hingga akhir Desember 2013. Di dalam rentang waktu tersebut, akan dilakukan berbagai kegiatan, mulai dari pengenalan kandidat, wawancara media, dan dilakukan satu kali survei untuk semua kandidat konvensi yang dilakukan oleh tiga lembaga survei.

Adapun, awal Januari sampai April 2014, konvensi akan memasuki tahap baru. Kegiatan yang dilakukan adalah wawancara mendalam kepada para kandidat yang melibatkan komite dan tokoh lain sebagai pewawancaranya.

Di periode itu juga akan digelar debat antar kandidat dan dilakukan lagi survei untuk menentukan hasil akhir. Peran masyarakat dalam menentukan pemenang konvensi akan nampak dalam survei akhir tersebut.

Sebelas peserta konvensi adalah Ali Masykur Musa, Anies Baswedan, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, dan Gita Wirjawan. Lalu, Irman Gusman, Hayono Isman, Marzuki Alie, Pramono Edhie Wibowo, dan Sinyo Harry Sarundajang.

Baca berita:
Gita konsultasi soal dana sumbangan konvensi ke KPK
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8011 seconds (0.1#10.140)