Kemenag gelar API 2013

Kamis, 12 Desember 2013 - 04:27 WIB
Kemenag gelar API 2013
Kemenag gelar API 2013
A A A
Sindonews.com - Kementerian Agama (Kemenag) lakukan kegiatan rutin Apresiasi Pendidikan Islam (API), hal ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan baik kepada individu, lembaga dan insitusi yang telah melakukan pengembangan pendidikan Islam.

Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag, Komaruddin Amin mengatakan, kegiatan ini untuk mengapresiasi pengabdian para pendidik, tokoh pendidik, prestasi peserta didik dan pemerintah daerah yang peduli dengan pendidikan Islam.

Menurutnya, apresiasi pendidikan Islam tahun ini adalah kegiatan yang dilakukan keenam kalinya. Dengan penyelenggaraan API ini diharapkan, pendidikan Islam ke depan semakin baik. Apalagi peranserta pendidikan Islam mencapai 20 persen dalam pendidikan di Indonesia.

"Peran itu mulai dari Raudhatul Athfal sebanyak 25 ribu lembaga dengan 1 juta peserta didik, ada 8 juta siswa madrasah dari Madrasah Ibtidaiyah sampai Aliyah, di Perguruan Tinggi meliputi 720 ribu mahasiswa, ada 76 ribu lembaga diniyah takmiliyah dengan 4,2 juta peserta didik serta 27 ribu pesantren meliputi 4 juta santri," tandasnya saat ditemui dalam konferensi pers di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu 11 Desember 2013.

Amin mengatakan, API merupakan kegiatan untuk mengapresiasi pengabdian para pendidik dan tokoh pendidikan, prestasi peserta didik, serta Pemerintah Daerah yang peduli dan komitmen terhadap peningkatan mutu, akses, dan daya saing. API diselenggarakan untuk memberikan penghargaan atas prestasi pendidik dan tokoh pendidikan, serta memotivasi untuk terus berprestasi.

Selain apresiasi ini, lanjut dia, pihaknya juga berupaya mendorong agar anggaran pendidikan di Kemenag ditingkatkan sesuai dengan proposinya.

“Dengan peran kita sekarang mencapai 20 persen kita berupaya anggaran pendidikan naik. Saat ini anggaran baru 8-9 persen atau sebanyak Rp40 triliun. Kita berjuang untuk dapat anggaran proposional bekerja sama dengan lembaga internasional,” kata dia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3201 seconds (0.1#10.140)