Anies Baswedan sebut istilah SDM tak relevan

Kamis, 14 November 2013 - 15:36 WIB
Anies Baswedan sebut...
Anies Baswedan sebut istilah SDM tak relevan
A A A
Sindonews.com - Calon presiden (capres) dari Konvensi Partai Demokrat, Anies Baswedan mengatakan, penggunaan istilah sumber daya manusia (SDM) sudah tak relevan.

"Istilah SDM identik menjadikan manusia sekadar sebagai komoditas ekonomi, sebagai salah satu elemen produksi, padahal yang perlu dibangun adalah manusia seutuhnya," ujarnya di Sekolah Al Azhar, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/11/2013).

Pada kesempatan itu juga Anies mengajak para guru tidak lagi menggunakan istilah SDM. Anies menyarankan, istilah yang relevan adalah pengembangan manusia seutuhnya. "Kunci kemajuan bangsa ada pada manusianya, jadi kita harus fokus pada pembangunan manusia seutuhnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan, soft skill bisa berbentuk managerial skill, komunikasi, kepemimpinan atau disiplin.

Praktiknya dapat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kegiatan berorganisasi lainnya. Dia menuturkan, mahasiswa yang aktif berorganisasi maupun kepanitiaan tertentu, biasanya memiliki bekal soft skill yang baik.

“Arah kebijakan pendidikan salah satunya berupaya untuk terus meminimalisasi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja,” kata Musliar pada Nation Building Beasiswa Djarum Foundation, Rabu 13 November 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0636 seconds (0.1#10.140)