Perlu trik khusus atasi pencari suaka

Selasa, 22 Oktober 2013 - 14:27 WIB
Perlu trik khusus atasi...
Perlu trik khusus atasi pencari suaka
A A A
Sindonews.com - Penanganan permasalahan penyelundupan manusia merupakan shared responsibility antara negara tujuan, negara transit dan negara asal.

Disamping itu, pendekatan yang terintegrasi dan komprehensif menjadi kunci bagi keberhasilan penanganan masalah penyelundupan manusia, yaitu meliputi pencegahan, deteksi dini, perlindungan, dan penegakan hukum.

“Pemerintah Australia yang baru menekankan perlunya kebijakan tersebut untuk terus diperkuat, dan Australia akan menghilangkan daya tarik bagi pencari suaka untuk datang ke Indonesia (take the sugar from the table)”, kata Wakil Duta Besar (Dubes) Australia untuk Indonesia David Engel, lewat rilisnya kepada Sindonews, Selasa (22/10/2013).

Dubes Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema menambahkan, pentingnya membangun kapasitas masyarakat di pesisir pantai adalah salah satu kebijakan yang akan dilakukan. Menurutnya, kesenjangan ekonomi dan keterbatasan lahan pekerjaan adalah salah satu peluang para penyelundup manusia, leluasa melakukan aksinya di daerah pesisir Indonesia.

"Apalagi masyarakat Makassar dan Bugis, mereka adalah sasaran utama mengingat mereka adalah pelaut yang handal dan mudah untuk diiming-imingi. Banyak masyarakat kita tertipu akan tawaran para penyelundup ini,” pungkasnya.

Berita terkait, Kemenlu kampanye tanggulangi penyelundupan manusia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)