Potong rantai kemiskinan, Kemensos bedah Kampung Duri

Minggu, 29 September 2013 - 12:22 WIB
Potong rantai kemiskinan,...
Potong rantai kemiskinan, Kemensos bedah Kampung Duri
A A A
Sindonews.com - Putuskan rantai kemiskinan, Kementerian Sosial (Kemensos) lakukan 50 bedah rumah Kepala Keluarga (KK) dan memberdayakan remaja karang taruna.

Menteri sosial (Mensos) salim Segaf Aljufri mengatakan, kemiskinan di perkotaan merupakan masalah yang membutuhkan penanganan serius, untuk itu, Kemensos berkomitemen bedah rumah tidak layak huni.

Untuk itu, Kemensos melakukan bedah rumah yang dilakukan kesekian kalinya. "Kali ini 50 bedah rumah di Keluruhan Bukit Duri, Tebet, dengan bantuan Rp10 juta. Total semuanya Rp500 juta serta paket perbaikan sarana lingkungan (sarling)," ujarnya.

Menurut dia, bedah rumah merupakan kemajemukan dari budaya, etnis, suku, agama dan lainya. "Bantuan memang tidak seberapa, tetapi jika dibandingkan banyaknya jumlah penerima yang berhak setidaknya dapat meringankan dan memberikan motivasi bagi warga rentan," kata Salim.

Dalam hal ini, proses pengerjaan rumah membutuhkan peran aktif masyarakat gotong-royong semangat kesetiakawanan sosial. Selain itu bantuan dari pemda, lembaga swadaya masyarakat dan pengusaha serta tokoh agama dan masyarakat juga dibutuhkan.

Selain bedah rumah Kemensos bersama Dirut Pemberdayaan Keluarga dan Kemitraan Sosial (PKKS) memberikan bantuan untuk Karang Taruna Rp30 juta.

"Bantuan untuk asisten usia terlantar Rp612.800.000. Selain itu Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta juga memberikan bantuan berupa kursi roda, bantuan kruk/ tongkat ketiak, alat bantu dengar serta tongkat tuna netra," tegas dia.

Baca juga berita cara Kemensos cegah korupsi.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9714 seconds (0.1#10.140)