SBY: Lindungi anak dari penculikan

Selasa, 23 Juli 2013 - 17:01 WIB
SBY: Lindungi anak dari penculikan
SBY: Lindungi anak dari penculikan
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menghadiri peringatan Hari Anak Nasional di Gedung SMESCO UKM (SME Tower), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Dalam acara tersebut SBY berpesan kepada aparat hukum agar melindungi anak-anak dari segala bentuk kejahatan, termasuk penculikan dan perdagangan anak.

"Kepada jajaran Kepolisian dan Kementerian Hukum dan HAM, saya minta untuk bersinergi dalam mencegah, menyelamatkan dan melindungi anak-anak Indonesia dari kejahatan penculikan, penjualan anak untuk tujuan eksploitasi kerja, adopsi ilegal, korban penyalahgunaan narkoba, dan korban kegiatan-kegiatan lain yang menyimpang,"ujar SBY.

Selain itu, SBY mengucapkan terimakasih kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia serta segenap komponen bangsa, baik perorangan maupun organisasi yang telah memberikan perhatian pada anak-anak Indonesia.

"Lanjutkan kerjasama yang telah terbina dengan baik selama ini. Mari kita tingkatkan upaya kita dalam melindungi, membantu, dan membimbing anak-anak kita, dalam mempersiapkan masa depannya yang lebih cerah,"katanya.

Kemudian, SBY meminta kepada para Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk memastikan kondisi kota yang makin layak bagi anak-anak kita.

"Alokasikan anggaran yang cukup dari APBD, untuk membangun taman bermain, ruang olahraga dan fasilitas lainnya, yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkem-bangan anak-anak kita,"imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, SBY juga mengajak para orang tua di seluruh tanah air, untuk memenuhi hak anak-anak kita. "Mari kita rawat dan asuh anak-anak kita dengan penuh kasih sayang dan penuh tanggung jawab, utamanya bagi anak-anak kita yang berada pada usia emas (golden age)dari lahir hingga umur delapan tahun,"ucapnya.

"Mari kita tumbuhkan keunggulan anak-anak kita dengan asah, asih, dan asuh, agar mereka tumbuh menjadi insan cerdas dan kompetitif, berkepribadian luhur, jujur, santun, dan berakhlak mulia. Mari kita berikan gizi yang cukup dan seimbang, agar fisiknya tumbuh sehat dan kuat serta memiliki mental yang tangguh,"tambahnya.

Lebih lanjut dia berpesan kepada para orang tua, untuk mendidik anak-anak kita agar mencintai bangsanya, mencintai negerinya, mencintai tanah airnya, menghormati guru dan pemimpinnya, serta sayang pada orang tua dan lingkungannya.

"Berikan pula pencerahan dan keteladanan, agar anak anak kita dapat belajar menghemat energi dan air. Berikan bimbingan terbaik kepada anak-anak kita, agar dapat hidup rukun, sayang kepada sesama dan kepada teman-temannya,"pungkasnya.

Tema yang diangkat pada Hari Anak Nasional tahun ini, yakni 'Indonesia Yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai Dari Pengasuhan dalam Keluarga'.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5401 seconds (0.1#10.140)