Penuh kehangatan, SBY & Xanana bahas masalah perbatasan

Rabu, 20 Maret 2013 - 19:39 WIB
Penuh kehangatan, SBY & Xanana bahas masalah perbatasan
Penuh kehangatan, SBY & Xanana bahas masalah perbatasan
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2013) sore.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, pertemuan antara SBY dengan Xanana Gusmao ini dilakukan dalam suasana yang penuh persahabatan dan penuh kehangatan.

"Karena sebagaimana diketahui, antara sosok Bapak SBY dan Bapak Xanana Gusmao sudah ada tali persahabatan yang cukup lama. Sehingga dalam pertemuan tadi dalam suasana yang sangat positif dan bersahabat," ujar Marty di Istana Merdeka, jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2013).

Dirinya menjelaskan bahwa ada beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan SBY dengan Xanan itu. Seperti, sejumlah masalah yang belum tuntas antara hubungan Indonesia dengan Timor Leste.

"Terutama untuk merealisasikan komitmen kedua Kepala Pemerintahan untuk meningkatkan hubungannya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Terutama dalam waktu kurang lebih 1,5 tahun kedepan," tuturnya.

Apa saja yang masalah yang belum tuntas antara Indonesia-Timor Leste? "Masalah embarkasi perbatasan antara Timor Leste dan Indonesia. Seperti diketahui, kurang lebih 90 persen perbatasan darat Indonesia dan Timor Leste sudah terselesaikan, namun ada ada tiga titik yang belum tuntas embarkasinya. Tadi dibahas dan komitmen kedua pemerintahan untuk menyelesaikan masalah ini dalam waktu yang relatif singkat," jawab Marty.

Ia melanjutkan, bukan hanya menyelesaikan embarkasi keberangkatan, melainkan juga memperkenalkan suatu pengaturan di kawasan perbatasan.

"Sehingga memungkinkan warga Timor Leste dan warga Indonesia yang berada di sisi masing-masing perbatasan untuk bisa melanjutkan hubungan sosial dan kekeluargaannya selama ini yang telah terjalin selama bertahun-tahun diantara mereka," ungkapnya.

Disamping masalah perbatasan, tambah dia, dibahas pula masalah keanggotaan Timor Leste di ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations).

"Sebagaimana diketahui, Indonesia sejak awal mendukung upaya Timor Leste untuk menjadi anggota. Jadi ini satu masalah lagi yang ingin dituntaskan,"ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, disamping masalah perbatasan dan masalah keanggotaan Timor Leste di ASEAN, ada dua tekad masalah kepemerintahan kepala negara untuk bisa memajukan kerjasama bilateral.

"Dalam kaitan ini kedua kepala pemerintahan dan kepala negara Timor Leste dan Indonesia untuk meneruskan kerjasamanya selama ini untuk meningkatkan hubungan yang lebih baik bagi kedua negara. Esok pagi kami akan bertemu dengan Menlu Timor Leste untuk menindaklanjuti apa yang diinstruksikan oleh bapak Presiden dan PM barusan,"pungkasnya.

Seperti diketahui, pertemuan antara SBY dengan Xanana ini berlangsung sekira satu setengah jam yang dimulai pukul 14.00 WIB tadi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6471 seconds (0.1#10.140)