Isu Capres belum sentuh substansi

Selasa, 29 Mei 2012 - 08:06 WIB
Isu Capres belum sentuh...
Isu Capres belum sentuh substansi
A A A
Sindonews.com – Perdebatan mengenai calon presiden yang mencuat saat ini masih sebatas figur, dan belum menyentuh hal yang substansial.Padahal, tujuan pemilihan presiden adalah mencari pemimpin yang secara substansi mampu mengatasi masalah bangsa.

”Mestinya pengusungan capres itu jangan hanya bicara siapa. Tapi apa yang bisa dilakukan capres itu. Sekarang isunya hanya mengarah ke orang saja tanpa melihat kemampuannya,” ujar pakar hukum tata negara Irmanputra Sidin di Jakarta kemarin. Irman menambahkan, isu capres yang berkembang selama ini belum menyentuh substansi kepemimpinan, seolah- olah Indonesia adalah negara yang sudah mapan dan tidak ada masalah.

Padahal, ujar dia,masalah bangsa sudah bertumpuk-tumpuk dan hanya pemimpin yang kuat dan punya integritas yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. ”Bicara pilpres seharusnya juga mengedepankan pembenahan dan konsep yang termanifestasi dalam figur. Sejauh ini, figur yang sudah ditetapkan ataupun yang akan ditetapkan sebagai capres belum memperlihatkan kemampuannya sebagai pemimpin,” ujarnya. Hal sama dikatakan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Partai Amanat Nasional (AN) Amien Rais.

Menurut dia, pengusungan capres jangan dimulai dari nama-nama, partai ataupun kelompok asal usulnya.Namun,pengusungan capres harus diukur dulu dari syarat objektif yang akan menjadi acuan dalam membenahi bangsa Indonesia. ”Sama misalnya kita mencari sekretaris, kan dia harus orang yang bisa mengetik, bisa berkomunikasi dengan baik, bisa menyusun dan menyampaikan agenda, dan seterusnya.

Demikian juga untuk capres, dia harus orang yang memenuhi kriteria dulu, bukan asal usul dan namanya,” ujar Amien. Dalam konteks ini, Amien menerangkan syarat capres dapat dijabarkan bahwa dia haruslah orang yang memahami sejarah bangsa,punya integritas,dan tak memiliki sejarah keterkaitan dengan kasus korupsi, amoral, dan sebagainya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8183 seconds (0.1#10.140)