Kronologis penangkapan 7 anggota DPRD

Rabu, 04 April 2012 - 10:42 WIB
Kronologis penangkapan 7 anggota DPRD
Kronologis penangkapan 7 anggota DPRD
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menangkap tangan 7 orang anggota DPRD Riau dan 2 pegawai Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang diduga sedang menerima uang suap. Penangkapan tersebut dilakukan petugas KPK pada pukul 19.00 WIB.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, sejumlah anggota DPRD tersebut berasal dari Komisi D DPRD Riau yang membidangi pembangunan. Kasus ini berhubungan dengan pembahasan peraturan daerah untuk persiapan penyelenggaraan PON 2012.

Berdasarkan informasi yang diberikan Kepala Bagian Pemberitaan KPK Priharsa Nugraha, adapun ketujuh nama anggota DPRD tersebut adalah AA dari fraksi PAN, MFA dari fraksi Golkar, II dari fraksi PKS, MD dari fraksi PKB, TM dari fraksi Partai Demokrat, TA dari fraksi PDIP, serta RS dari fraksi PAN.

Sementara itu, 4 orang pihak swasta yang ditangkap adalah RS, BT, SW, dan juga D. Sedangkan dari pihak DISPORA, KPK berhasil menangkap 2 orang yakni RR, ED.

Masih menurut Priharsa dalam operasi tangkap tangan ini KPK juga menyita sejumlah uang. Belum diketahui pasti jumlah uang yang ikut disita yang jumlahnya di atas Rp900 juta.

Berikut kronologi penangkapan anggota DPRD tersebut:

Pada pukul 17. 00 WIB, sejumlah petugas KPK menggerebek rumah anggota DPRD Riau berinisial MFA dari Golkar. Dari rumah tersebut petugas KPK menangkap MFA dan 2 orang pegawai Dispora berinisial RR dan ED serta 3 orang pihak swasta berinisial BT, SW dan D.

- Setelah melakukan pemeriksaan dan berdasarkan barang bukti, KPK kembali melakukan penangkapan pihak Swasta berinisial RS di bandara pada pukul 18.30 WIB.

- Kemudian KPK kembali melakukan penangkapan ketiga sejumlah anggota DPRD Riau AA dan RS dari Parta Amanat Nasional (PAN), II dari PKS, MD dari PKB, dan TM dari Partai Demokrat dan TA dari PDIP pada pukul 19.00 WIB di kantor DPRD Riau.

Namun, saat ini semuanya telah dibawa ke Mapolda Riau untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Saat ini Petugas KPK juga telah mengamankan barang bukti Rp900 juta. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0070 seconds (0.1#10.140)