Hatta janjikan MA jadi peradilan agung

Kamis, 01 Maret 2012 - 15:09 WIB
Hatta janjikan MA jadi...
Hatta janjikan MA jadi peradilan agung
A A A
Sindonews.com - Hatta Ali, Ketua Mahkamah Agung (MA) yang baru saja dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjanji akan menjadikan MA sebagai badan peradilan yang agung.

"Menjadikan badan peradilan yang agung adalah visi dan misi saya," ujar Hatta Ali usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2012).

Menurut Hatta, untuk merubah badan peradilan yang agung maka kualitas hakim harus ditingkatkan, penyelesaian perkara harus lebih cepat dan tidak boleh ada hakim nakal dalam menjalankan tugasnya.

Termasuk dalam menyelesaikan perkara tidak boleh berlarut-larut. "Semua kasus harus cepat diselesaikan, dalam perkara-perkara tertentu undang-undang sudah mengatur kecepatannya tidak boleh melebihi sekian lama," tuturnya.

Begitu juga dalam menangani kasus korupsi di pengadilan. Hatta mengaku sudah memiliki strategi khusus untuk menuntaskannya.

"Strateginya, saya mengimbau para hakim, kalau memang betul-betul terbukti bersalah tolong diberikan hukuman yang bisa memberikan efek jera. Kalau tidak terbukti hakim harus berani membebaskan," paparnya.

Selain itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap hakim terutama mereka yang melakukan tindak pidana korupsi. Pengawasan dilakukan lebih ketat.

"Jadi jangan coba main-main. Saya sudah banyak pengalaman mengawasi hakim, saya bisa membedakan mana hakim yang nakal mana yang tidak," pungkasnya.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0411 seconds (0.1#10.140)