Demokrat dukung badan khusus haji

Kamis, 02 Februari 2012 - 09:19 WIB
Demokrat dukung badan khusus haji
Demokrat dukung badan khusus haji
A A A
Sindonews.com - Fraksi Partai Demokrat DPR mendukung dibentuknya badan khusus penyelenggara haji. Dukungan ini diberikan Fraksi Demokrat DPR saat menerima kunjungan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) yang dipimpin Kurdi Mustopa, di Jakarta kemarin.

Kedatangan rombongan yang diterima Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR M Jafar Hafsah dan Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Partai Demokrat Radityo Dudi Gambiro tersebut untuk meminta dukungan soal pembentukan badan khusus penyelenggara haji.

Kurdi mengatakan, kehadirannya ke Fraksi Demokrat dalam rangka memberikan masukan untuk revisi UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

“Alasannya, selama ini penyelenggara haji dinilai kurang efektif,” tegas Kurdi di Jakarta kemarin. Menurut dia, pada prinsipnya, kedatangan IPHI adalah untuk memberikan pandangan kepada pimpinan Fraksi Demokrat dalam hal pengelolaan haji.

“Banyak hal yang dibahas, antara lain terkait usulan badan khusus. Nantinya badan baru tersebut berfungsi mengatur manajemen penyelenggaraan haji dan keuangan haji. Dan badan khusus ini bukan swasta dan juga nonpemerintah, namun bertanggung jawab terhadap presiden,”paparnya.

Untuk menjamin badan baru tersebut, ke depan harus ada dua elemen yang mengelola, yakni dewan direksi dan badan pengawas. Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR M Jafar Hafsah menyambut baik adanya rencana badan baru yang mengurus penyelenggaraan ibadah haji.

“Karena penyelenggara haji harus benar-benar dijalankan dengan baik, tentunya agar yang melaksanakan ibadah haji bisa nyaman dan khusyuk saat melaksanakan ibadah,”tegas Jafar.

Menurut dia, badan baru tersebut harus betul-betul mampu memberikan pelayanan yang baik kepada calon jamaah haji. Karena itu, ujarnya, Fraksi Demokrat akan mendukung dibentuknya badan baru penyelenggaraan haji tersebut.

Senada diungkapkan Wakil Ketua Komisi VII Radityo Dudi Gambiro. Menurut dia, badan baru penyelenggara haji memang dibicarakan oleh beberapa fraksi di Komisi VIII.

“Komisi VIII menyambut baik adanya badan baru penyelenggara haji, dan memang sudah menjadi semangat dan tekad Fraksi Demokrat untuk mendukungnya. Kita harapkan badan baru itu nantinya dikelola secara profesional.Profesional sesuai yang diharapkan di Komisi VIII mampu menyelenggarakan dan memfasilitasi jamaah haji,” kata Dudi.

Menurut dia, selama ini penyelenggara ibadah haji dilaksanakan Kementerian Agama. Semua aturan dan pengawasan pelaksanaan juga dilakukan Kementerian Agama.Karenaitu, ujarnya,kedepanperludibentuk badan khusus yang pengelola penyelenggaraan ibadah haji.(*)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8430 seconds (0.1#10.140)