Informasi di Medsos Dinilai Turut Pengaruhi Cara Pandang Seseorang

Jum'at, 20 Maret 2020 - 17:40 WIB
Informasi di Medsos Dinilai Turut Pengaruhi Cara Pandang Seseorang
Informasi di Medsos Dinilai Turut Pengaruhi Cara Pandang Seseorang
A A A
JAKARTA - Peran media sosial (medsos) dan dunia digital di era saat ini dinilai sangat memberikan pengaruh yang besar, baik terhadap individu maupun masyarakat pada berbagai aspek kehidupan.

Pasalnya, zaman semakin maju dan tekologi semakin canggih. Jika dulu komunikasi masih terbatas, kini komunikasi bisa dilakukan tanpa terbatas ruang dan sekat. Adanya medsos berbasis internet membuat informasi semakin mudah untuk disampaikan kepada publik.

Hal tersebut dikatakan oleh Tonton Taufik, CEO PT. Media Promosi Online. Karena itu menurutnya, bagi siapa saja yang masih menggunakan cara konvensional, dinilai akan tertinggal jauh.

"Dengan pengaruh yang sangat berdampak tersebut, orang-orang sekarang sudah belajar mengenai digital marketing. Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa jenis digital marketing yang dilkaukan oleh para pemberi jasa review produk , perusahaan dan UMKM," ucap Tonton, Jumat (20/3/2020).

Pertama kata Tonton, email marketing muncul pertama kali pada tahun 1971. Jika dihitung-hitung, aplikasi perpesanan yang banyak digunakan di dunia kerja ini sudah berusia sekitar 49 tahun. Dengan usianya tersebut, email disebut sebagai channel marketing tertua. Dan dari yang awalnya digunakan berkomunikasi, sekarang sudah berkembang dijadikan salah satu jenis digital marketing.

"Tentunya, perlu konten-konten yang kreatif dan menggiurkan supaya email marketing bisa membuahkan hasil. Usahakan untuk dibuat sekreatif dan seunik mungkin, supaya tidak berakhir di folder spam. Cara ini memang tua, namun masih sangat efektif," kata Tonton.

Kedua Search Engine Optimization (SEO), yang keberadaanya makin dibutuhkan. Terutama bagi perusahaan atau usaha yang memiliki website. Bagaimana tidak, tugas utama SEO adalah membuat web berada di urutan atas saat pengunjung mencari tentang kata kunci tertentu.

Karena itulah peran SEO cukup vital, tidak hanya meningkatkan jumlah visitor saja, mereka juga membangun interaksi dan kepercayaan dengan user dan website lain menggunakan jasa backlink agar websitenya semakin populer.

Ketiga Search Engine Marketing (SEM) yang kurang lebih sama dengan SEO, yakni membuat website berada di jajaran atas laman Google. Namun bedanya, mereka mendapatkan visitor secara non-organik karena berbayar. Contohnya saja, jika menggunakan mesin telusur Google, bisa menggunakan Google Ads. Lebih cepat namun membutuhkan biaya.

Keempat Sosial Media Marketing, menjadi salah satu sarana digital marketing yang cukup ampuh. Macamnya banyak sekali, mulai dari Facebook, YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Cakupan yang didapatkan bisa lebih luas, bahkan tidak hanya calon pelanggan dalam negeri saja, bisa internasional.

Kelima Affiliate Marketing, bertugas untuk mengirimkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke website supplier/toko atau merchant. Dan saat pengunjung melakukan transaksi, si pemilik usaha itu akan tahu jika pembeli tersebut datang dari affiliate marketing, dan dari situlah datangnya komisi. Bisa dibilang seorang affiliate marketer merupakan perantara penjual dan pembeli.

Keenam Konten Marketing, yang merupakan salah satu channel digital marketing yang cukup populer. Isinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari profil perusahaan sampai dengan rincian produk-produk yang ditawarkan. Keuntungan memanfaatkan konten marketing ini beragam, mulai dari meningkatkan kepekaan produk dan engagement dengan user, bisa bertahan lama, membangun kepercayaan, dan satu lagi SEO friendly.

"Ketujuh Pay Per Click (PPC) yang juga banyak digunakan. Seperti SEO dan SEM, manfaat teknik satu ini juga mendatangkan jumlah visitor ke website. Namun caranya, sing pengiklan hanya membayar jika ada yang mengklik iklannya. Contoh dari PPC adalah Facebook Ads dari FB, Google Adwords dari Google, dan lain-lain," ungkap Tonton.

Kedelapan sambungnya, Pay Per Impression (PPM). Jika menggunakan cara ini, biasanya si advertiser atau pengiklan akan membayar sesuai dengan impresi yang ditetapkan, biasanya per 1.000 kali kemunculan.

Kesembilan, Influencer Marketing, yakni dengan menyewa jasa para influencer untuk menaikkan popularitas brand. Dan caranya, bisa membuat iklan di Instagram, Youtube dan lain-lain. Dengan menyewa jasa influencer ini, memang kerap kali membuat nama brand tertentu jadi naik. Namun tentu perlu influencer yang tepat.

"Jika dilihat dari minat baca masyarakat Indonesia yang cukup rendah, meda kreatif seperti video bisa diterapkan. Bisa membuat video animasi, kreatif, dan lain sebagainya. Ini bisa dibilang merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mendatangkan para pembeli. Mulai dari profile company, produk yang ditawarkan, jasa, dan lain-lain," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7683 seconds (0.1#10.140)