alexametrics

Korban Terus Berjatuhan, Para Konglomerat Diharap Berkontribusi Atasi Corona

loading...
A+ A-
JAKARTA - Banyak kalangan seluruh elemen masyarakat sudah bersikap aktif-responsif dan sadar terkait pencegahan penyebaran virus corona (covid-19).

Mulai dari mempraktikkan perkuat daya tahan tubuh, menjaga jarak antarorang, menjauhi keramaian hingga menunda atau membatalkan pernikahan hingga melaksanakan kerja dari rumah (WFH, work from home).

(Baca juga: Dua Komisioner Dipecat, Kepercayaan Publik pada KPU Kian Pudar)



Atas kondisi ini, Anggota DPR Marwan Jafar mengatakan, sangat layak bila kalangan konglomerat membuktikan rasa empatinya kepada sesama warga masyarakat yang mulai atau sudah cemas mengikuti perkembangan jumlah orang suspect, positif maupun meninggal karena wabah corona.

"Karena itu, dengan ini saya mengetuk hati para konglomerat Indonesia agar turut berkontribusi untuk negeri ini," kata Marwan Jafar, Kamis (19/3/2020).

"Sebab seperti kita ketahui kalangan konglomerat memiliki sumber daya yang dapat dikerahkan atau dimanfaatkan buat kepentingan sesama warga bangsa. Ini sudah menyangkut pertaruhan kemanusiaan," tambahnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menjelaskan, pihak pemerintah sudah berusaha keras menangani Covid-19.

"Misalnya anjuran ke berbagai instansi pemerintah, lembaga swasta hingga institusi pendidikan untuk bekerja dari rumah (work from home) atau belajar dari rumah selama minimal 14 hari ke depan serta sejumlah sosialisasi imbauan perilaku hidup sehat," ucapnya.

Sementara itu kata dia, kalangan konglomerat tentunya dapat segera membantu dalam berbagai bentuk. Misalnya terkait kamar-kamar rumah sakit rujukan yang kurang, membantu asupan gizi untuk tenaga-tenaga paramedis, bantuan peralatan kesehatan seperti kostum 'baju astronot' buat ratusan dokter serta perawat dan sebagainya.

"Sedangkan untuk kebutuhan mendesak warga masyarakat, saat ini sangat memerlukan barang-barang atau peralatan seperti masker penutup mulut-hidung dan cairan sehat pembersih (hand sanitizer) yang kini selangit harganya," ujarnya.

"Bahkan para konglomerat juga dapat memberikan bantuan jaringan rumah sakit dan hotel miliknya, mulai dari ambulans hingga helikopter atau pesawat untuk gugus tugas penanganan Covid-19 pemerintah," sambung mantan Menteri Desa-PDTT ini.

Belum lama ini ramai diberitakan bahwa Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation mengumumkan telah mempersiapkan 500.000 unit alat tes virus corona dan 1 juta lembar masker untuk dikirim ke AS. Selain itu kedua yayasan tersebut juga telah mendonasikan alat-alat kesehatan ke negara lainnya, termasuk Jepang, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Spanyol.

Untuk itu,dia mengingatkan, sekarang saatnya segenap kalangan bahu-membahu semaksimal mungkin melakukan pencegahan dan menangani dampak Covid-19 sebagai tugas mulia kemanusiaan Indonesia.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top