Pasien Positif Corona Bertambah, Pemerintah Tingkatkan Tracing

Selasa, 10 Maret 2020 - 20:02 WIB
Pasien Positif Corona Bertambah, Pemerintah Tingkatkan Tracing
Pasien Positif Corona Bertambah, Pemerintah Tingkatkan Tracing
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan virus corona, Achmad Yurianto memastikan, pemerintah terus melakukan tracing atau penelusuran kontak yang terkait dengan pasien positif corona.

Achmad Yurianto mengatakan, dengan jumlah kasus yang bertambah maka upaya tracing akan ditingkatkan. (Baca juga: Wabah Corona, Pemerintah Diminta Waspadai Resesi Ekonomi)

"Sekarang kasus yang sering kita temukan adalah gejalanya minimal. Oleh karena itu kita juga akan smakin meningkataakan upaya tracing," katanya di Kantor Presiden, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, tracing saat ini dilakukan oleh dinas kesehatan di daerah. Dia menjelaskan, tracing dilakukan secara intens terutama saat ada kasus yang terkonfirmasi positif.

Kata dia, hal ini merupakan baagian dari pengendalian penyerebaran virus corona. "Jadi bukan hanya sekedar kemudian kita merawat yang di rumah sakit dan kemudian yang dinyatakan positif dirawat, kemudian titik," ungkapnya.

"Tidak seperti itu. Tetapi ada kegiatan yang lebih masif yang kita laksanakan di luar itu yaitu melakukan tracing dari kasus contact-nya," paparnya.

Yuri mengatakan, dengan melakukan tracing, pemerintah dapat segera mengetahui pihak-pihak yang pernah kontak dekat dengan positif corona. Sehingga apabila ditemukan kontak dekat yang diduga terinfeksi dapat segera diisolasi.

"Ini agar tidak menjadi sumber penularan di masyarakat. Ini lah yang disebut contact tracing," ungkapnya.

Kemudian selain tracing, Yuri juga menekankan pentingnya pengawasan di pintu masuk. Hal ini mengingat semakin banyaknya jumlah pasien positif corona karena tertular di luar negeri atau imported case.

"Ini menjadi penting adalah health alert card karena banyak sekali yang masuk dalam keadaan gejala yang minimal. Symptom yang minimal," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3790 seconds (0.1#10.140)