DPR Minta Kemenkes Gencar Sosialisasi Wabah Pneumonia Asal China

Senin, 20 Januari 2020 - 08:44 WIB
DPR Minta Kemenkes Gencar Sosialisasi Wabah Pneumonia Asal China
DPR Minta Kemenkes Gencar Sosialisasi Wabah Pneumonia Asal China
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh meminta pemerintah, agar Indonesia harus waspada dalam menghadapi wabah pneumonia berat asal China.

Mengingat kata dia, cepatnya mobilisasi manusia antarnegara, sehingga penyebaran pneumonia pun menjadi cepat bahkan sudah mencapai Singapura.

"Kemenkes telah melakukan imbauan, namun perlu ditingkatkan lagi di bandara dan pelabuhan antarnegara," kata perempuan yang akrab disapa Ninik itu saat dihubungi, Minggu (19/1/2020).

Meskipun Menkes Terawan mengaku sudah memasang alat thermal detector dan menyiagakan satuan kesehatan di bandara internasional dan pelabuhan, Ninik mengaku, pihaknya belum mengecek langsung apakah benar alat tersebut sudah dipasang dan satuan kesehatan telah disiagakan.

"Saya terus terang belum mengecek apakah benar telah dipasang," akunya.

Dia pun meminta, agar Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) harus dimaksimalkan pelayanannya. Karena, selama ini KKP kurang maksimal dalam menjalankan fungsinya di pelabuhan

"Selama ini KKP secara tempat dan pelayanan kurang maksimal, nah ini saatnya untuk ditinjau ulang," ujar politikus PKB ini.

Selain itu, Ninik juga meminta Kemenkes untuk menggemcarkan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pneumonia asal Cina ini lewat berbagai media termasuk medsos.

Khususnya, bagi yang hendak ke luar negeri. "Nah seharusnya sosialisasi segera digencarkan, terutama di media sosial, dan juga kepada masyarakat bukan yang hanya datang dari luar negeri tetapi yang mau ke luar negeri," desaknya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3720 seconds (0.1#10.140)