Jadi Kabareskrim, PKB Yakin Listyo Sigit Mampu Tuntaskan PR Polri

Jum'at, 06 Desember 2019 - 21:44 WIB
Jadi Kabareskrim, PKB Yakin Listyo Sigit Mampu Tuntaskan PR Polri
Jadi Kabareskrim, PKB Yakin Listyo Sigit Mampu Tuntaskan PR Polri
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menunjuk Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kabareskrim Polri. Jabatan ini sebelumnya kosong selama hampir sebulan lebih. Penunjukan ini tertuang dalam telegram Nomor ST/32/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12/2019).

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya sangat mengapresiasi pengangkatan Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim yang baru. ”PKB yakin dengan pengalamannya, beliau akan mampu menuntaskan pekerjaan atau masalah yang belum selesai di Bareskrim Polri,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan, saat ini masih cukup banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Bareskrim Polri. Termasuk mengenai berbagai persoalan yang berbau SARA, termasuk isu-isu mengenai kriminalisasi ulama.

Sebelum diangkat menjadi Kabareskrim, Sigit menduduki posisi Kadiv Propam. Selanjutnya, Brigjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono akan menggantikan Irjen Sigit sebagai Kadiv Propam. Selain itu, telegram ini juga memuat mutasi Komjen Firli dari posisi Kabarhakam menjadi Analis Kebijakan Utama Barhakam Polri. Sementara Firli akan segera dilantik menjadi Ketua KPK. Sementara posisi Firli akan diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Listyo Sigit merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1991. Pada 2014 dia didapuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi. Sekitar dua tahun kemudian dia menjabat Kapolda Banten dengan pangkat brigadir jenderal.

Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Kemudian, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri berdasarkan Surat Keputusan Kapolri (Skep) Nomor 81/ 2014 A/III/KEP./2018 tertanggal 13 Agustus 2018.

Perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Setelah itu dia menduduki posisi Wakil Kapolrestabes Kota Semarang lalu Kapolres Solo. Adapun pada 2012, pada saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Listyo Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta dengan pos Asubdit II Direktorat Tipdum Bareskrim Polri.

Sebelum menjabat Ajudan Presiden Jokowi, pada Mei 2013, Listyo bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)