Kasus Garuda Pelajaran bagi Generasi Muda untuk Jaga Integritas

Kamis, 05 Desember 2019 - 20:57 WIB
Kasus Garuda Pelajaran bagi Generasi Muda untuk Jaga Integritas
Kasus Garuda Pelajaran bagi Generasi Muda untuk Jaga Integritas
A A A
JAKARTA - Kasus penyelundupan motor Harley Davidson di pesawat Garuda Indonesia kepunyaan Dirut Garuda Ari Ashkara menghebohkan publik. Menteri BUMN Erick Thohir pun langsung memberhentikan Ashkara.

Direktur Suropati Syndicate mengingatkan kasus ini harus menjadi pelajaran bagi generasi muda untuk menjaga integritas dan profesionalisme.

“Ini yang saya maksud penunjukan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN sangat tepat. Dengan profesionalisme dan integritasnya perusahaan pelat merah akan bersih dari praktik seperti ini. Hal penting yang patut kita sorot adalah tindakan ini contoh yang baik bagi generasi muda bangsa,” kata Direktur Suropati Syndicate, Muh Shujahri, Kamis (5/12/2019).

Shujahri mengapresiasi langkah Erick Thohir mencopot Dirut Garuda. Keputusan Erick ini disebut tepat dan berdampak.

“Kenapa saya sebut tepat dan berdampak karena pertama, Pak Erick tidak ribut dan koar-koar di publik sebelum ada hasil investigasi internal. Kedua, Pak Erick Thohir dengan sangat bijaksana telah memberi kesempatan kepada pelaku untuk mundur dan mempertanggungjawabkan tindakannya sebelum dengan tegas mencopot posisi pelaku sebagai Dirut Garuda," katanya.

Ketiga, sambung dia, peristiwa ini akan berdampak ke BUMN lain yang masih sering terjadi penyalahgunaan wewenang. Setidaknya dengan satu contoh ini BUMN lain tidak leluasa lagi bermain dengan wewenang yang mereka punya untuk kepentingan oknum tertentu. (Baca Juga: Menteri Erick Pecat Dirut Garuda Ari Ashkara)

Menurut dia, Indonesia membutuhka iklim dunia kerja yang berintegritas dan profesional. Hal tersebut akan membuat generasi muda semakin percaya diri dengan dunia kerja yang kompetitif karena tidak ada lagi perlakuan khusus bagi orang-orang tertentu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6575 seconds (0.1#10.140)