Jamaah Haji Indonesia Siap Jalani Wukuf di Arafah

Sabtu, 10 Agustus 2019 - 13:55 WIB
Jamaah Haji Indonesia Siap Jalani Wukuf di Arafah
Jamaah Haji Indonesia Siap Jalani Wukuf di Arafah
A A A
MEKKAH - Jamaah haji Indonesia bersiap menjalani wukuf, Sabtu (10/8/2019) siang ini waktu Arab Saudi (WAS) atau mulai zuhur. Mereka kini telah berada di tenda-tenda Arafah.

"Sudah sampai di Arafah semua," kata Kasie Data dan Informasi Satgas Arafah, Ambari Julianto, Sabtu (10/8/2019).

Dari pantauan di maktab 21 Arafah, sejumlah jamaah haji beraktivitas seperti biasa. Ada yang di dalam tenda, ada yang antre di toilet untuk mandi atau buang hajat.

Prosesi wukuf sendiri akan dimulai dengan salat zuhur dan asar yang dijamak dan qosor. Lalu dilanjutkan dengan khutbah wukuf. Jamaah akan berdiam diri hingga sore nanti.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengaku sangat bersyukur karena pendorongan jamaah haji dari Kota Mekkah ke Arafah berjalan lancar. Bahkan lebih cepat empat jam dibandingkan sebelumnya. Jamaah yang didorong paling akhir afalah Sektor 11 pada Jumat (9/8/2019) pukul 20.50 WAS. (Baca Juga: 2,5 Juta Jamaah Haji Melaksanakan Wukuf di Padang Arafah)

"Sweeping semalam lebih cepat daripada tahun-tahun sebelumnya, karena pukul 21.00 praktis seluruh sektor, 11 sektor sudah bisa diselesaikan," katanya.

Khusus untuk jamaah yang melakukan sunah tarwiyah sebagian sudah sampai dan sebagian lagi masih di jalan dari Mina ke Arafah.

Amirul Hajj juga bersyukur karena jamaah yang sakit jauh berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Termasuk jamaah yang ikut safari wukuf juga angkanya menurun.

"Ini patut kita syukuri tapi harus kita jaga dan kita pelihara khususnya oleh tim kesehatan, petugas kesehatan kita," kata Amirul Hajj.

Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Armuzna, Jaetul Muchlis menegaskan bahwa jamaah haji Indonesia sudah masuk ke tenda-tenda yang tersebar di 73 maktab di Arafah untuk melaksanakan rukun haji wukuf.

"Tinggal beberapa jamaah yang melakukan perjalanan tarwiyah masih proses pendorongan dari Mina menuju Arafah," katanya. Meski tidak difasilitasi pemerintah, tapi jamaah tarwiyah tetap diawasi oleh petugas haji Indonesia.Prosesi wukuf dimulai sejak tergelincir matahari atau sekitar pukul 10.30 WAS. Acara dimulai dengan pembacaan talbiyah bersama-sama dan pembacaan ayat suci Alquran.

Lalu ada sambutan dari Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel dan Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin. Setelah masuk waktu zuhur dilaksanakan khutbah wukuf yang akan disampaikan oleh naib Amirul Hajj KH Bunyamin Ruhiyat.

Setelah itu melaksanakn salat zuhur dan asar jamak taqdim qosor, jamaah dipersilakan untuk beribadah sendiri-sendiri.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6699 seconds (0.1#10.140)