Rutan Siak Dibakar, DPR Minta Perketat Aktivitas Napi Narkoba

Sabtu, 11 Mei 2019 - 17:41 WIB
Rutan Siak Dibakar, DPR Minta Perketat Aktivitas Napi Narkoba
Rutan Siak Dibakar, DPR Minta Perketat Aktivitas Napi Narkoba
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Masinton Pasaribu ikut berkomentar terkait insiden kerusuhan yang berakhir pembakaran rumah tananan (rutan) kelas II Siak, Riau dini hari tadi. Diketahui pemicu kerusuhan diduga penemuan narkoba di blok hunian tahanan oleh petugas.

"Nah itu memang tantangan, dan ini tantangan petugas rutan maupun lapas untuk memonitoring aktivitas narapidana di dalam rutan maupun lapas ya," ujar Masinton saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (11/5/2019).

Menurut Masinton, beberapa kasus penangkapan diduga pengedar narkoba di dalam tahanan memang menjadi tantangan yang segera dicarikan solusinya oleh petugas atau sipir tahanan. Terlebih jika sang pelaku sampai menggalang solidaritas antar tahanan.

Maka itu, Politikus PDI Perjuangan itu meminta agar petugas rutan maupun lapas mengawasi secara ketat para tahanan kasus narkoba khususnya yang terindentifikasi sebagai bandar narkoba di dalam sel.

"Ya karena juga sindakat narkoba ada di dalam. Dan penghuni lapas atau rutan 60 persen lebih kan rata-rata kasusnya narkoba," ungkapnya.

Dalam insiden itu, diduga sejumlah narapidana berhasil melarikan diri. Masinton berharap, para narapidana yang kabur agar menyerahkan diri.

"Karena cepat atau lambat petugas kepolisian pasti menemukan keberadaan mereka, bisa memperberat hukuman napi yang kabur itu," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6300 seconds (0.1#10.140)