Gelar Halaqah, Komisi Dakwah MUI Dorong Peningkatan Kualitas Dai

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:47 WIB
Gelar Halaqah, Komisi...
Gelar Halaqah, Komisi Dakwah MUI Dorong Peningkatan Kualitas Dai
A A A
JAKARTA - Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Halaqah di Masjid Agung Baiturrahman, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/2/2019).

Acara ini diikuti oleh Pengurus Komisi Dakwah MUI provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Tengah, DMI, Muslimat, Fatayat dan penyuluh agama Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi Dakwah MUI, Cholil Nafis memaparkan tentang pentingnya koordinasi dakwah (taksiq al-da’wah) antarsesama ormas dan praktisi dakwah agar dakwah berjalan efektif dan memiliki pengaruh besar.

"Karenanya diperlukan peta dakwah agar saat berdakwah berpijak pada data, yang kita sebut dakwah base on data," kata Cholil dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

Untuk menyempurnakan langkah dakwah, Komisi Dakwah MUI Pusat telah mengeluarkan pedoman dakwah yag akan menjadi acuan para dai.

"Pedoman dakwah ini memberi arah dakwah yang lebih efektif dan wasathiyah (moderasi). Memuat ketentuan dai kompeten dan profesional, kode etik dakwah agar dakwahnya lebih mencerahkan, dan Dewan Etik untuk menangani persoalan ketika ada masalah antara dai dan masyarakat," tuturnya.

Demi menjamin kualitas dai, kata dia, Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI akan melakukan pelatihan dan memberikan sertifikat sebagai bentuk kompentensi dai.

"Nantinya para pengisi acara keagamaan Islam di masyarakat adalah orang yang berkualitas, kompeten dan berakhlakul karimah," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)