Kemensos Pastikan Dukungan Fasilitas untuk Pekerja Migran Shinta

Jum'at, 30 November 2018 - 14:21 WIB
Kemensos Pastikan Dukungan Fasilitas untuk Pekerja Migran Shinta
Kemensos Pastikan Dukungan Fasilitas untuk Pekerja Migran Shinta
A A A
JAKARTA - Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan, Kementerian Sosial akan seoptimal mungkin memfasilitasi Shinta Danuar (26 tahun), pekerja migran yang sakit lumpuh di Taiwan yang dipulangkan. Dukungan fasilitas baik untuk perawatan Shinta maupun keluarga yang mendampinginya.

"Kemensos mewakili negara akan memberikan support bantuan terhadap biaya transportasi dan biaya hidup bagi orang tua Shinta yang jauh datang dari Banyumas mendampingi perawatan Shinta di Rumah Sakit," kata Mensos saat menyambut kedatangan Shinta di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018).

Shinta Danuar merupakan pekerja migran asal Desa Purwodadi, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas. Ia bekerja di Taiwan sejak April 2014 sebagai perawat orang sakit (orang tua) melalui PPTKIS, PT Sriti Rukma Lestari.

Pada tanggal 6 Januari 2015, KDEI Taipei menerima kabar bahwa Shinta Danuar sedang dalam kondisi koma dan dirawat di RS Mackay Hsinchu. Pada saat itu, Shinta dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Beberapa waktu kemudian, Shinta sadarkan diri. Namun, pihak RS menyatakan bahwa paru-paru Shinta sudah tidak dapat mengembang sendiri dan memerlukan alat bantu pernafasan yang harus dipakai seumur hidup. Dengan alasan perawatan jangka panjang, Shinta, dipindahkan ke Heping Hospital Hsinchu.

Setelah melewati serangkaian perawatan dalam beberapa tahun, Shinta akhirnya diizinkan untuk pulang ke Indonesia. Pada 23 November 2018, pihak EMS menginformasikan jadwal pemulangan Shinta akan dilakukan pada 29 November 2018 dengan menggunakan pesawat Eva Air. Untuk memastikan kelancaran selama proses pemulangan, pihak EMS menambah seorang dokter pendamping selama proses pemulangan.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6489 seconds (0.1#10.140)