IHW: Industri Halal Harus Jadi Tiang penyangga

Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:12 WIB
IHW: Industri Halal Harus Jadi Tiang penyangga
IHW: Industri Halal Harus Jadi Tiang penyangga
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Halal Watch (IHW), Ikhsan Abdullah menegaskan produk dan industri halal harus menjadi tiang penyangga ekonomi nasional.

Ihksan menginginkan pemerintah memimpin sektor ini. "Selama ini sektor swasta malah lebih dominan dan agresif," kata Ikhsan dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Selasa (30/10/2018).
Dia mengatakan, untuk menggerakkan potensi ekonomi berbasis produk dan industri halal maka harus ada kebijakan negara yang mengintegrasikan industri keuangan syariah dengan produk dan industri halal.

Keduanya, sambung dia, harus menjadi relasi yang sinergis dan menguntungkan. Relasi yang dibangun harus menjadi role model bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah berbasis produk dan Industri halal.

Indonesia dikatakannya telah memiliki pengalaman membangun relasi ini, yakni saat Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama akademisi bersinergi membangun Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI yang disetujui pemerintah.

"Hasilnya dapat dinikmati oleh semua masyarakat," tandasnya.

Dia berpendapat, perbankan syariah nasional harus dapat berfungsi dan mendedikasikan pembiayaan bagi sektor industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta industri halal.Tujuannya, kata dia, agar entitas ini dapat tumbuh dan berkembang mengisi pasar domestik yang dapat didorong menjadi produk potensial ekspor.
"Instrumen pembiayaan perbankan syariah hrs di-improvment agar tidak hanya sekadar ada tapi harus berkontribusi bagi mendorong dan menggerakkan ekonomi umat (UMKM)," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5958 seconds (0.1#10.140)